Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

‘Investasi’ Sakti MMM Untung 30%/Bulan, Sampai Kapan Bisa Bertahan?

071618_mmm

Rifan Financindo Berjangka – Skema setor uang dan berharap diberi untung 30% muncul lagi. Mavrodi Mondial Moneybox, atau di Indonesia dikenal dengan Manusia Membantu Manusia (MMM) yang pernah kolaps akhir tahun lalu sekarang mulai mencari pemain baru.

Tidak tanggung-tanggung, MMM sampai berani beriklan di surat kabar hingga televisi. Padahal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menyatakan kalau skema permainan uang alias money game seperti ini adalah ilegal.

Kenapa ilegal? Karena tidak ada pengawasnya, dan jika terjadi sesuatu terhadap uangnya, misal tidak kembali karena sistemnya bermasalah, maka risiko ditanggung sendiri alias duit tidak kembali.

Hal ini yang persis terjadi terhadap MMM di akhir tahun lalu. Pada saat itu sudah terlalu banyak orang yang menunggu setoran (get help/GH), sementara orang yang memberi setoran (provide help/PH) makin menyusut.?

Akibatnya, banyak orang yang menunggu GH merugi karena uangnya tidak kembali. Bagaimana uang bisa kembali kalau sudah tidak ada yang mau PH lagi?

Akhirnya, ‘sang nabi MMM’ Sergei Mavrodi membuat alasan yang tidak masuk akal, yaitu sistem MMM bermasalah dan harus diulang (restart). Menurut Mavrodi, MMM harus dimulai lagi dari awal dan yang sedang menunggu GH diharap bersabar.

Kenapa bersabar? Mavrodi harus cari orang baru dulu buat setor uang kepada para pemain lama. Nah kalau sudah begini para pemain yang duitnya hilang harus mengadu ke mana?