Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Instagram Dibanjiri Akun ‘Seksi Beracun’

635518228685711548afp510180184

Rifan Financindo Berjangka – Instagram perlahan berubah menjadi surga bagi para penyebar spam. Serbuan spammer antara lain berupaya mengelabui pengguna dengan akun ‘seksi beracun’ yang bisa membawa petaka.

Tim keamanan Symantec menemukan banyaknya akun Instagram bertema dewasa. Akun-akun ini mengganggu pengguna dengan spam dan berusaha agar pengguna mengakses berbagai situs kencan, situs dewasa, ada pula yang merupakan situs penyebar malware.

“Pengguna aktif Instagram pasti menerima banyak spam, ada banyak orang tak dikenal me-like foto mereka, mengirim komentar, atau mengikuti aktivitas mereka,” tulis laporan Symantec yang dikutip detikINET dari News Softpedia, Senin (11/1/2016).

Dengan jumlah pengguna lebih dari 400 juta, Instagram memang jadi daya tarik tersendiri bagi spammer dan scammer. Selain mempromosikan situs dewasa, banyak juga spammer yang mempromosikan berbagai produk mulai dari perhiasan sampai gadget.

“Tujuan mereka adalah menghasilkan uang melalui program terkait atau mendapatkan trafik ke situs jahat, di mana mereka bisa mendapat bayaran setiap kali berhasil menginfeksi akun pengguna,” kata Symantec.

Menurut Senior Security Response Manager untuk Symantec Satnam Narang, sebagian besar akun-akun penyebar spam situs dewasa punya tiga ciri yang mudah dikenali.

“Pertama, akun tersebut hanya punya satu foto menggoda, sedikit deskripsi dan sebuah link. Kedua, sama seperti ciri pertama namun menampilkan banyak foto yang dicuri secara random dari internet atau pengguna Instagram lain. Terakhir, full-on ad. Berisi satu poster gambar iklan yang terdiri dari pecahan beberapa gambar,” jelasnya.

Symantec menyarankan agar pengguna tidak berinteraksi atau tergoda mengunjungi link yang dipromosikan oleh akun-akun semacam ini, bahkan jika akun spanmer tersebut mencoba ‘sok akrab’ dengan mem-follow dan rajin memberikan like pada foto-foto kita.

(rns/rou)