Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Inovasi Apple Agar Bocah Menggemari Coding

111006055359-apple-logo-new-york-story-topRifan Financindo Berjangka – Semarang,?banyak sekali anak-anak yang berpotensi di dunia IT terutama ke arah programming atau coding. Apple dengan inovasinya menggarap sebuah aplikasi?untuk menarik minat para anak-anak belajar coding.

Saata pagelaran World Wide Developer Conference (WWDC), Apple merilis aplikasi di iPad yang bernama Swift Playgrounds. Fungsi aplikasi tersebut tidak lain untuk?membantu anak-anak mempelajari coding dan membuat program mereka sendiri.

Swift Playgrounds memperkenalkan konsep pemrograman dasar dengan cara interaktif dan menyenangkan.

Anak-anak akan diminta membantu karakater animasi di aplikasi tersebut menyelesaikan sejumlah tantangan dan puzzle. Tanpa disadari, mereka sebenarnya sedang mempelajari bahasa coding Swift.

Sejak diperkenalkan dua tahun lalu, bahasa pemrograman berbasis open source yang dikembangkan Apple tersebut sudah dipakai para developer profesional, termasuk coder anak-anak.

“Ini adalah cara inovatif untuk menyajikan konsep coding bagi anak-anak dan mendorong generasi berikutnya memiliki keahlian yang akan mereka butuhkan untuk mengekspresikan kreativitas mereka,” klaim Senior Vice President of Software Engineering Apple Craig Federighi.

Swift Playgrounds saat ini masih dalam tahap developer preview. Peluncuran versi beta dijadwalkan bulan depan. Apple akan menggratiskan aplikasi ini untuk memancing lebih banyak developer cilik.

Ajang WWDC sendiri tak hanya menarik perhatian developer dewasa. Di antara ribuan developer yang memadati acara tahunan Apple tersebut, ada juga beberapa bocah jago coding.

Anvitha Vijay salah satunya. Gadis asal Australia keturunan India ini sangat mudah dikenali, karena menjadi satu-satunya yang termuda di antara para developer WWDC.

Gadis yang masih berusia 9 tahun ini sudah memiliki dua aplikasi di App Store yang terinspirasi dari adiknya yang masih balita, yaitu Smartkins Animals dan Smartkins Rainbow Colours. Kedua aplikasi tersebut dibuatnya untuk membantu anak-anak belajar mengenal nama hewan dan warna.