Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Inilah Aturan Refund Tiket Pesawat Terbang

pesawat

Rifan Financindo Berjangka – Bagi penghobi traveling via pesawat terbang, kini tak perlu galau bila ingin membatalkan tiket yang sudah dibeli. Kementerian Perhubungan sudah menyusun aturannya.

Direktur Angkutan Udara, Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Muzaffar Ismail mengatakan, aturan tentang pengembalian uang alias refund bagi calon penumpang yang batal terbang, tengah disusun.

“Selama ini, kalau ada batal berangkat, semuanya dibebankan ke calon penumpang. Sedangkan kalau pesawat delay, calon penumpang hanya diberikan layanan seadanya. Ke depan, tidak bisa begitu lagi,” kata Muzaffar di Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Dengan adanya aturan ini, kata Muzaffar, diharapkan, tidak ada lagi calon penumpang yang merasa dirugikan karena gagal terbang.

“Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteru Perhubungan (Permenhub) Nomor 185 Tahun 2015, supaya ‘fair’ antara penumpang maupun maskapai,” ungkap Muzaffar.

Muzaffar mengaku, kemenhub akan mensosialikan kepada seluruh maskapai dalam negeri sebelum menerapkan kebijakan ini. “Kebijakan soal refund ini akan berlaku untuk kelas ekonomi dan penerbangan domestik,” papar Muzaffar.

Berikut persentase pengembalian biaya tiket yang telah dibayarkan calon penumpang:

1. Pengembalian di atas 72 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan, mendapatkan pengembalian paling sedikit 75 persen dari tarif dasar.

2. Pengembalian di bawah 72-48 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan pengembalian paling sedikit 50 persen dari tarif dasar.

3. Pengembalian di bawah 48-24 jam oleh penumpang sebelum keberangkatan, mendapatkan pengembalian paling sedikit 40 persen dari tarif dasar.

4. Pengembalian di bawah 24-12 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan pengembalian paling sedikit 30 persen dari tarif dasar.

5. Pengembalian di bawah 12-4 jam sebelum jadwal keberangkatan, mendapatkan pengembalian paling sedikit 20 persen dari tarif dasar.

6. Pengembalian di bawah empat jam sebelum keberangkatan, mendapatkan pengembalian paling sedikit 10 persen dari tarif dasar, dan atau sesuai dengan kebijakan badan usaha angkutan udara niaga berjadwal. [ipe]

– See more at: http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2264768/inilah-aturan-refund-tiket-pesawat-terbang#sthash.J0P67Nfa.dpuf