Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Ini Penyebab Rupiah Terus Melemah Terhadap Dolar AS

Rifan Financindo Berjangka – ?Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan, sentimen negatif masih mewarnai laju rupiah yang mengawali pekan ini diteritori negatif di level Rp14.220 per dolar Amerika Serikat (AS). Sehingga ia memperkirakan masih ada pelemahan lanjutan pada nilai mata uang nasional.

“Pasca target support (batas bawah) berhasil ditembus, laju rupiah dimungkinkan akan kembali melemah. Dengan demikian, terpaksa kami harus kembali menentukan kembali target support,” ujarnya di Jakarta, Selasa, 8 September 2015.
Pihaknya menargetkan rupiah hari ini akan berada di kisaran level antara Rp14.237-Rp14.225. Menurutnya, belum ada sentimen positif yang membuat pelaku pasar masih menjauhi rupiah.
“Belum adanya sentimen positif dari dalam negeri dan cenderung melemahnya sejumlah mata uang Asia memberi tekanan negatif pada rupiah,” katanya.
Reza menjelaskan, pelemahan sejumlah mata uang Asia dipicu spekulasi akan diperketatnya aturan transaksi (terutama saham dan valas) di Tiongkok, dan diperparah dengan rilis penurunan cadangan valas Tiongkok sebesar US$93,9 miliar menjadi US$3,56 triliun.
“Penurunan cadangan valas yang dipersepsikan untuk menstabilisasi laju yuan pasca devaluasi, memberikan sentimen negatif pada laju mata uang Asia, termasuk rupiah,” ujarnya.
Tidak hanya itu, lanjutnya, nilai tukar dolar pun kembali melonjak setelah mata uang Jepang, yen, dan Swiss, Swissfranc, mengalami penurunan. Bahkan adanya ekspektasi akan penurunan cadangan devisa Indonesia turut menambah sentimen negatif.