Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Ini Pentingnya Fitur Baru Night Shift di iPhone

ipon746Rifan Financindo Berjangka -?Pada pembaruan iOS 9.3, Apple menyematkan fitur baru bernama Night Shift. Fitur ini memberikan cukup banyak manfaat bagi pengguna iDevice. Apa saja?

Layar smartphone rupanya memendarkan cahaya biru. Sehingga kita dapat melihat layar meski di bawah terik sinar matahari. Tapi ketika malam, cahaya tersebut malah membuat otak bingung.

Pasalnya cahaya tersebut meniru sinar matahari. Akibatnya otak tidak memproduksi melatonin yakni hormon yang memberikan tubuh isyarat ‘waktunya tidur’.

Karena itulah cahaya smartphone dapat mengganggu siklus tidur. Membuat kita sulit memejamkan mata dan terlelap. Hal ini akan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Mulai dari katarak, obesitas, depresi hingga kanker payudara dan prostat.

Dilansir dari Tech Insider, Kamis (7/4/2016), jika menggunakan desktop atau notebook dapat menggunakan aplikasi f.lux untuk menonaktifkan cahaya biru pada layar. Tapi aplikasi ini tidak dapat digunakan pada iPhone.

Untungnya sejak update iOS 9.3 tersedia fitur Night Shift. Kita dapat dengan mudah mengatur kapan fitur ini dapat aktif di malam hari.

Ketika Night Shift diaktifkan, layar seketika lebih menguning. Sehingga mata akan tetap merasa nyaman saat memandang layar iPhone.

Namun menurut ilmuwan yang meneliti tidur, adanya Night Shift tidak akan maksimal jika pengguna tidak mengubah kebiasaan saat menggunakan ponsel di malam hari. Mata akan tetap terjaga melihat posting terbaru di media sosial atau email yang masuk.

Karena itu disarankan agar sebisa mungkin menjauhkan ponsel dari tempat tidur. Atau bila pun harus berada di samping kita sepanjang waktu, sebaiknya mengaktifkan mode pesawat. Sehingga kita tidak tergoda untuk terus men-scroll halaman media sosial.