Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Ini Penampakan Desain Kereta ‘Tanpa Masinis’ di Soetta Rp 1 Triliun

kereta1

Rifan Financindo Berjangka – PT Angkasa Pura II (AP II) akan melengkapi fasilitas kereta khusus bernama Automated Guide Way Transit atau Automated People Mover System di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng.

Kereta tersebut mampu berjalan ‘tanpa masinis’ karena dikendalikan dengan sistem komputerisasi. Transportasi ini dibangun bersamaan dengan pembangunan Terminal 3 Ultimate.

Dari gambar yang diperoleh detikFinance, Senin (8/6/2015), kereta ‘tanpa masinis’ tersebut nantinya akan berjalan di jalur layang atau elevated. Kereta ini akan menghubungkan dan membawa penumpang dari Stasiun KA Bandara, menuju ke Terminal 1, 2, hingga 3, dan kembali lagi ke Stasiun Bandara.

Kepala Bagian Humas AP II Achmad Syahir menjelaskan, kereta antar terminal tersebut mampu membawa 3.555 penumpang per jam.

“Dia bisa bawa 3.555 penumpang per jam. Dengan panjang jalur 3,7 km. Dia berputar terus tanpa pakai masinis,” ujar Syahir kepada detikFinance, di kantor Pusat AP II, Cengkareng.

Pembangunan Automated Guide Way Transit sejalan dengan program revitalisasi Terminal 1 dan 2, serta pengembangan KA Bandara dan Terminal 3 Ultimate. Kereta ini ditargetkan bisa beroperasi mulai akhir 2016.

Untuk pengembangan teknologi kereta, Syahir menyebut ada produsen kereta asal Asia yang menjajaki kerjasama dengan AP II.

“Kemarin ada negara di Asia yang berniat masuk. Total dana untuk pengembangan Automated Guide Way Transit mencapai Rp 1 triliun,” sebutnya.