Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Ini Alasan Kenapa Merdunya Suara Air Bisa Bantu Tidur Nyenyak

1406209shutterstock-170170058780x390

Rifan Financindo Berjangka – Untuk membantu tidur lebih lelap, seseorang bisa menggunakan bantuan terapi suara (sound therapy) yang bekerja dengan menciptakan suasanya yang nyaman dan menimbulkan perasaan rileks sehingga tidur pun jadi mudah. Dari beragam jenis suara yang bisa digunakan untuk ini, salah satunya yang populer adalah suara air.


Mengapa suara air begitu populer dijelaskan oleh Orfeu Buxton dari departemen biobehavioral health, Pennsylvania State University, karena memang tepat untuk otak.

Lebih jelasnya otak manusia pada siang dan malam hari bekerja ‘menerjemahkan’ suara menjadi dua kategori yaitu suara yang mengancam atau tak mengancam. Suara kencang yang tiba-tiba seperti orang teriak atau alarm masuk kategori suara mengancam dan akan membuat otak terjaga sementara suara lainnya seperti semilir angin atau air secara otomatis akan diabaikan.

“Suara pelan menderu ini adalah suara yang tak mengancam, ini lah mengapa mereka bisa bekerja untuk menenangkan orang. Seperti angin dan air ini berbicara ‘jangan khawatir, jangan khawatir, jangan khawatir,'” kata Buxton kepada livescience dan dikutip pada Jumat (22/1/2016).

Suara merdu air dikatakan juga oleh Buxton bisa berfungsi sebagai penyamar untuk suara-suara lain di lingkungan sekitar yang mungkin akan dikategorikan otak sebagai suara ancaman.

“Memiliki suara yang bisa menyamarkan suara kebisingan membantu Anda menghindari suara lain yang tak bisa dikontrol. Apakah itu suara orang menyiram toilet di ujung rumah atau suara kendaraan di jalanan,” tutup Buxton.