Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Ini 7 Kebiaaan Buruk yang Bikin Berat Badan Sulit Turun

829903ed-b269-44ed-9529-25c204cda4d1_169Rifan Financindo Berjangka -?Pola makan sehat yang Anda ikuti untuk turunkan berat badan bisa jadi sia-sia. Banyak kebiasaan buruk yang tak Anda sadari diam-diam mengancam diet Anda.

Kebiasaan sepele seperti kumpul sambil ngemil bersama teman-teman atau belanja saat perut lapar dapat memicu berat badan naik. Meskipun sepele, ada baiknya cermati kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilansir oleh cbsnews (4/05) berikut ini.

1.Melewatkan makan malam
“Jika Anda membiarkan diri sampai kelaparan, maka akan cenderung mengonsumsi porsi yang lebih besar dan makan sangat cepat. Semakin cepat Anda makan, semakin kecil kemungkinan untuk berhenti.” jelas Rosenthal, ahli diet dan penurunan berat badan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa melewatkan makan dan makan yang berlebihan dapat menambah timbunan lemak di perut, yang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes.

2.Makan sambil jalan
Mengonsumsi makanan pada saat berjalan memang bisa lebih menghemat waktu. Tapi, kebiasaan seperti ini dapat memicu kenaikan berat badan. Saat berjalan, bergerak atau sambil bekerja dan makan, Anda tak akan sadar jumlah makanan yang sudah dikonsumsi sehingga bisa memicu makan berlebihan. Karena Anda tidak fokus pada makanan.

3.Ngemil di malam hari
Para ahli mengatakan sering ngemil di malam hari karena bosan dapat mengakibatkan makan berlebihan. “Jika tidak begitu lapar, lebih baik minum air atau minuman non manis lainnya. Karena tubuh kita sering memberi sinyal antara kelaparan dan haus,” ujar Rosenthal.

Sebuh studi dari Salk Institute menunjukkan bahwa membatasi asupan makanan jam 8-12 siang hari dapat mencegah kolesterol tinggi, diabetes, dan obesitas. Selain itu, makan kurang dari dua sampai tiga jam sebelum tidur dapat menyebabkan masalah penceranaan seperti sakit maag.

4. Makan di luar
Penelitian menunjukkan selain menyantap makanan cepat saji, makan di restoran juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. “Makan di luar sering dipandang sebagai tempat berkumpul, maka dari itu asupan makanan menjadi lebih banyak karena dapat menghabiskan lebih banyak waktu dan makan lebih santai,” ungkap Rupeng An, Asisten Professor di Departemen Kinesiologi dan Kesehatan Masyarakat.? Sebaiknya sebelum pergi untuk makan di luar, periksa menu sebelum tiba di restoran untuk memilih menu yang paling sehat.

5. Makan terlalu cepat
Malahap makanan dengan cepat dapat menyebabkan makan berlebihan. Karena Anda tidak memberikan waktu pada tubuh untuk menyadari rasa kenyang. Seperti ular yang makan cepat dan langsung ditelan tanpa menikmati citarasanya. Padahal makan perlahan dan penuh kesadaran akan membuat memori akan makanan yang menghasilkan rasa puas.

6.Habiskan makanan
Banyak orangtua memberi aturan pada anak-anaknya untuk selalu menghabiskan makanan. Tetapi, menurut para ahli, hal tersbeut bukanlah nasihat yang benar. Karena ukuran porsi kini semakin besar. “Dengan ukuran porsi makanan yang besar di piring, akan menyebabkan mereka kehilangan kemampuan untuk mengenali isyarat apakah mereka lapar atau kenyang,” tutur Katie Loth kepada HealthDay. Para ahli merekomendasikan membuat piring kecil yang seimbang untuk meningkatkan kontrol jumlah makanan yang diasup.

7.Belanja pada saat lapar
Belanja pada saat lapar dapat memicu Anda membeli makanan yang tidak sehat. “Pada saat belanja dengan perut kosong, Anda akan menjadi korban godaan untuk berbelanja makanan,” ujar Rosenthal.? Jika akan belanja makanan, makanlah buah segar dan buatlah daftar belanja. Makan sebelum berbelanja dapat menghemat uang serta kalori