Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Ini 5 Tips Aman Gunakan Kartu Kredit untuk Belanja Online

belanja online

 

 

 

 

 

 

 

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG –

Selama pandemi, belanja online dengan kartu kredit kerap kali menjadi pilihan sebab menawarkan kemudahan, kepraktisan, dan bisa melakukan cicilan dengan penawaran yang menarik.

Dibalik keuntungannya, menggunakan kartu kredit haruslah berhati-hati agar terhindar dari penipuan dan kejahatan siber lainnya.

Apalagi kejahatan siber telah menjadi ancaman serius di beberapa negara, terutama Indonesia. Wakil Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Syafruddin dalam pidatonya di acara yang diselenggarakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Juli lalu mengatakan, Indonesia menduduki posisi kedua dengan kasus kejahatan siber tertinggi.
Maka dari itu supaya belanja online dengan kartu kredit tetap aman, dilansir dari The Balance, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang finansial, berikut langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan.

Gunakan kartu kredit pada situs aman

Situs belanja online memiliki peran paling krusial saat Anda ingin melakukan transaksi. Penting untuk memilih situs terpercaya, khususnya Anda yang sering berbelanja di situs luar negeri. Biasanya situs yang aman, pada URL diawali dengan https dan memiliki tanda gembok yang terletak di samping URL.

Selain itu, hindari juga mengklik tautan pada email atau SMS yang tidak dikenal (Phising) karena tautan tersebut bisa membawa Anda pada situs palsu yang mirip dengan aslinya (Pharming). Situs palsu ini dibuat untuk mencuri informasi kartu kredit Anda.

Lebih baik ketik sendiri alamat URL e commerce pada browser atau mengunduh aplikasi mobile e-commerce tersebut.

Baca Juga :

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Rifan Financindo Berjangka Gelar Sosialisasi Cerdas Berinvestasi

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA | PT Rifan Financindo Berjangka Buka Workshop Apa Itu Perusahaan Pialang, Masyarakat Harus Tahu

RIFAN FINANCINDO | Kerja Sama dengan USU, Rifan Financindo Siapkan Investor Masa Depan

PT RIFAN | Bursa Berjangka Indonesia Belum Maksimal Dilirik Investor

RIFANFINANCINDO | Rifan Financindo Intensifkan Edukasi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Berburu keuntungan berlimpah melalui industri perdagangan berjangka komoditi

RIFAN | Rifan Financindo Optimistis Transaksi 500.000 Lot Tercapai

PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Sharing & Diskusi Perusahaan Pialang Berjangka PT. RFB

PT. RIFAN | PT Rifan Financindo Berjangka Optimistis PBK Tetap Tumbuh di Medan

RIFAN BERJANGKA | Bisnis Investasi Perdagangan Berjangka Komoditi, Berpotensi tapi Perlu Kerja Keras

PT. RIFAN FINANCINDO | JFX, KBI dan Rifan Financindo Hadirkan Pusat Belajar Futures Trading di Kampus Universitas Sriwijaya

PT RIFANFINANCINDO | RFB Surabaya Bidik 250 Nasabah Baru hingga Akhir Tahun

PT RFB | PT RFB Gelar Media Workshop

PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA | Mengenal Perdagangan Berjangka Komoditi, Begini Manfaat dan Cara Kenali Penipuan Berkedok PBK

RFB | RFB Masih Dipercaya, Transaksi Meningkat

Hindari belanja di tempat umum

Pada kenyataannya menggunakan WiFi di tempat publik sangat tidak aman. Hacker berpeluang besar mencuri informasi kartu kredit dengan meretas akses sinyal WiFi yang sama dengan Anda gunakan. Biasanya aktivitas belanja online ini sering dilakukan saat nongkrong di coffee shop atau hotel untuk staycation.

Selain itu, pastikan untuk tidak menggunakan komputer atau gadget milik publik ketika ingin berbelanja. Pasalnya, data Anda bisa dicuri ketika memasukkan detail pembayaran. Bisa saja komputer umum ini telah disematkan perangkat lunak spyware untuk menangkap penekanan tombol papan ketik (Keylogger) saat memasukkan informasi login dan nomor kartu kredit Anda.

Lindungi gadget dengan anti virus

Pastikan komputer atau laptop Anda terlindung dari peretas yang dapat menyusup ke dalam browser, dengan mengaktifkan anti virus dan anti spyware terbaru. Sekadar saran, gunakanlah perangkat lunak anti virus yang memiliki reputasi baik. Bila ragu, carilah informasi di internet dan temukan ulasan yang sesuai dengan Anda inginkan.

Pilih bank yang terpercaya

Selain menawarkan kemudahan, berbelanja dengan kartu kredit juga menggiurkan dengan segala program promonya. Maka dari itu, tidak hanya bisa dapat diskon, pilihlah bank yang menghadirkan beragam fitur keamanan pada layanan perbankan digital dan aktif mengedukasi nasabah bagaimana cara menghindari penipuan online.

Misalnya, sebagai bentuk pencegahan dalam aplikasi mobile banking, terdapat fitur canggih OTP (One-Time Password) yang bersifat rahasia sehingga hanya Anda yang berhak tahu mengenai informasi kartu kredit.

Kode rahasia ini hanya berlaku selama kurang lebih 1 jam setelah Anda melakukan transaksi dan hangus ketika pembayaran sudah dikonfirmasi.

“Keamanan transaksi perbankan digital merupakan komitmen dari kami selaku penyedia layanan tersebut dimana kami senantiasa berinovasi dalam menambahkan fitur-fitur yang memperkuat sistem keamanan dari layanan digital banking tersebut. Namun, diperlukan juga kewaspadaan dari pengguna layanan digital banking seiring dengan modus penipuan yang semakin beragam. Kami menghimbau para pengguna layanan digital banking untuk tidak pernah memberikan data atau informasi terkait rekening pribadi kepada siapa pun termasuk petugas bank dan senantiasa melakukan pengkinian data di bank masing-masing,” kata Iskak Hendrawan, Chief Digital Officer, Bank Danamon.

Simpan resi belanja Anda

Langkah terakhir, ketika berbelanja online pastikan selalu simpan e-receipt atau screenshot detail, resi, tanda terima atau konfirmasi Anda.

Hal ini dilakukan untuk menghindari peretas melacak rincian pengeluaran, khususnya lewat e-statement yang sering dikirim ke email pribadi. Jika ada aktivitas mencurigakan, segera hubungi bank yang bersangkutan.

Sumber : Tribun News

 

 

 

 

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG