Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Ingin Naikkan Nasionalisme Warga, Pemerintah Siapkan Televisi di Pedesaan

Rifan Financindo Berjangka – Pemerintah melalui Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan program layar desa dapat mengatasi masalah keterbatasan ekonomi di desa.

“Selama ini, masyarakat sulit mengakses informasi berbagai kebijakan pemerintah. Malah di wilayah perbatasan, masyarakat yang lebih banyak menerima informasi dari negara tetangga,” ujar Marwan Jafar dalam acara penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Elnet Media Karya di Jakarta, Senin (11/5/2015).

Kerja sama itu meliputi pemasangan televisi di desa-desa. Marwan berharap kerja sama dengan PT Elnet Media Karya, bisa memperkuat nilai-nilai budaya masyarakat desa di seluruh Indonesia melalui sosialisasi program pemerintah ke desa.

“Banyak kebijakan pemerintah yang tidak sampai secara utuh ke desa-desa, serta informasi tentang Indonesia yang tidak utuh, dapat mengakibatkan terkikisnya rasa nasionalisme warga desa di perbatasan sehingga masyarakat desa gampang dihasut,” katanya menambahkan.

Peran media televisi, menurut Marwan, saat ini hanya menjangkau 40 persen wilayah Indonesia. Apalagi, banyak acara televisi yang lebih banyak menonjolkan program acara dari sisi hiburan.

“Banyak acara yang tidak sesuai dengan nilai budaya Indonesia. Berita yang “disusupi” kepentingan pribadi atau kelompok serta masih banyak program tidak bermanfaat untuk pembangunan desa,” katanya menambahkan.

Direktur Utama PT Elnet Media Karya Adhi Joenanto mengatakan layar desa akan menginformasikan program-program pemerintah ke seluruh desa agar ekonomi dapat tumbuh dan masyarakat sejahtera.

“Ini merupakan lembaga penyiaran swasta tanpa bayar karena menggunakan satelit,” kata Adhi.

Setiap layar desa akan dilengkapi dengan layar berukuran tiga kali empat meter, parabola, decoder, perangkat audio hingga “in focus”. Pihak desa hanya menyediakan lahan untuk memasang perangkat layar desa itu.

Materi siaran layar desa yakni sosialisasi program pemerintah, tata cara mengelola sumber daya alam, pemeliharaan lingkungan, penyuluhan hukum dan sebagainya.