Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

IHSG Menguat Ke Zona Hijau | PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

rifan financindo

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang,?Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat di sesi pembukaan perdagangan Selasa (6/9/2016).

Indeks terus melaju mengikuti menghijaunya bursa di kawasan Asia Pasifik dan kembali masuknya investor asing ke lantai bursa.

Pukul 09.15, IHSG menguat sebesar 8 poin atau 0,15 persen di posisi 5.364,96. Sebanyak 133 saham diperdagangkan menguat, 49 saham melemah dan 70 saham stagnan.

Saham-saham yang menopang penguatan indeks meliputi PPRO, MYRX, INDF, SRIL, CASA, dan LPKR.

Sementara itu, nilai tukar rupiah pada pagi ini diperdagangkan melemah. Mengutip Bloomberg, rupiah di pasar spot berada di Rp 13.162 per dollar AS.

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi akan melanjutkan penguatan, setelah pada perdagangan kemarin IHSG berhasil ditutup menguat 3,49 poin atau 0,06 persen ke level 5.356.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Surya Wijaya mengatakan, potensi kenaikan masih akan ditunjang oleh capital inflow (arus dana masuk) yang kembali mulai terjadi.

“Hari ini IHSG berpeluang menguat,” kata William dalam risetnya, Selasa (6/9/2016).

Menurut William, pola pergerakan IHSG masih berada dalam rentang konsolidasi wajar. Support di level 5.336 terlihat masih akan cukup kuat bertahan terhadap tekanan yang terjadi, sedangkan kenaikan wajib menembus resistance level 5.458 untuk dapat kembali memperkuat pola uptrend jangka pendekIHSG.

Adapun beberapa saham yang dapat dijadikan pilihan pada perdagangan hari ini antara lain:

1. Saham PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI)
2. Saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI)
3. Saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)
4. Saham PT XL Axiata Tbk (EXCL)
5. Saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP)
6. Saham PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR)
7. Saham PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS)
8. Saham PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)
9. Saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

?Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan bursa pagi ini dibuka naik 0,11 persen atau 6,09 poin ke level 5.363,05. IHSG diperkirakan akan terus melaju di jalur hijau, lantaran mulai terbentuknya tren penguatan baru terdorong sentimen positif ekonomi dalam negeri, meskipun belum maksimal.

Analis ReLiance Securities Lanjar Nafi menjelaskan, berkaca pada perdagangan kemarin hingga sesi penutupan, IHSG sudah berhasil parkir di zona hijau. Secara teknikal IHSG cenderung bergerak terkonsolidasi setelah berhasil rebound (balik arah) pada area supportatau target batas bawahnya.

“Diperkirakan IHSG masih akan terus mencoba menguat hinggaresistance (batas atas) dengan range pergerakan 5.320-5.460,” ujarnya di Jakarta.

Menurut Lanjar, tertahannya penguatan IHSG pada perdagangan kemarin, lebih disebabkan data indeks tingkat kepercayaan konsumen turun di bawah ekspektasi. Hal itu menimbulkan rasa pesimistis disesi kedua.

“Investor lokal terlihat melakukan penjualan, sedangkan investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih sebesar Rp435,83 miliar. Minimnya katalis positif lain membuat investor domestik berhati-hati menentukan langkah investasinya,” tutur dia.