Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

IHSG Kembali Melemah

rifan financindo

PT Rifan Financindo Berjangka – Semarang,?Pada sesi pertama perdagangan awal pekan, Senin (18/7), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 2,262 poin (0,04%) ke posisi 5.107,916.? Sebanyak 18 saham ditransaksikan naik, 11 saham turun, 2 saham stagnan, dan 540 saham tidak ditransaksikan sama sekali.

Tercatat, nilai transaksi di pasar reguler baru mencapai Rp 23,3 miliar dan belum terjadi transaksi di pasar negosiasi.? Sementara itu, investor asing mencatatkan pembelian saham senilai Rp 14,1 miliar dan penjualan saham senilai Rp 16,4 miliar. ?Investor asing mencatatkan penjualan saham bersih (net foreign sell) senilai Rp 2,3 miliar.

Pada perdagangan sepekan ke depan, laju IHSG diperkirakan berada pada rentang support 5.050-5.085 dan resisten 5.150-5.185. ?Shooting star bertahan di area upper bollinger band (UBB).

Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai bahwa kebijakan amnesti pajak oleh pemerintah dapat dijadikan momentum bagi perusahaan untuk melakukan pelaksanaan penawaran umum perdana saham (IPO).

Sementara itu, Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan, akan ada banyak dana repatriasi masuk ke dalam negeri dari kebijakan itu, kondisi itu diharapkan dapat dimanfaatkan perusahaan untuk melepas sebagian sahamnya ke publik melalui mekanisme IPO.? Melalui IPO, perusahaan akan mendapatkan dana dari publik sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Menurut Samsul,? pasar modal merupakan salah satu pintu masuk untuk menampung dana repatriasi itu diantaranya melalui instrumen investasi saham dan reksa dana.? Sejalan dengan itu, pihaknya optimistis target 35 perusahaan IPO pada 2016 ini akan tercapai. ?Sepanjang tahun ini, tercatat sebanyak delapan perusahaan telah resmi mencatatkan sahamnya di BEI.

Disampaikan, ?sebanyak empat perusahaan juga sudah melakukan paparan mini ke BEI dalam rangka rencana untuk melakukan IPO, yakni PT Anugerah Berkah Madani, PT Paramita Bangun Sarana, PT Waskita Beton Precast, dan PT Aneka Gas Industri. PT Anugerah Berkah Madani akan melepas sebanyak 5 miliar lembar saham, PT Paramita Bangun Sarana sebanyak 3 miliar lembar saham, PT Waskita Beton Precast sebanyak 10 miliar lembar saham, dan PT Aneka Gas Industri sebanyak 766 juta lembar saham.

Berdasarkan data BEI, total emiten saat ini sebanyak 529 emiten. Sementara itu, sepanjang tahun 2016 terdapat delapan emiten baru, yakni PT Bank Artos Indonesia Tbk, PT Mitra Pemuda Tbk, PT Mahaka Radio Integra Tbk, PT Bank Ganesha Tbk, PT Cikarang Listrindo Tbk, PT Sillo Maritime Perdana Tbk, PT Duta Inti Daya Tbk, dan PT Graha Andrasenta Propertindo Tbk.

Sementara itu, perusahaan yang dijadwalkan mencatatkan sahamnya pada pekan depan yakni, PT Protech Mitra Perkasa (Senin, 18/7), dan PT Capital Financial Indonesia (Selasa, 19/7).