Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

IHSG Berpeluang Naik, Cermati Empat Saham Ini

ihsg_rachman1

Rifan Financindo Berjangka – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Hal itu akan ditopang dari penguatan bursa saham global.

Analis PT LBP Enterprise Lucky Bayu Purnomo menuturkan ada potensi aksi beli terjadi di bursa saham Amerika Serikat (AS) dapat mendorong penguatan indeks saham acuan di AS.

Penguatan bursa saham AS diharapkan berimbas positif ke kawasan regional sehingga berdampak ke IHSG.

“Dengan penguatan bursa saham global dan regional maka akan menguji level resistance 4.585 dan support 4.535. IHSG akan cenderung menguat tipis,” kata Lucky saat dihubungiLiputan6.com, Selasa (26/1/2016).

Ia mengatakan, IHSG naik tipis itu lantaran harga minyak masih menjadi kekhawatiran pelaku pasar. Apalagi emiten tercatat di bursa sebagian sektor saham komoditas sehingga penurunan harga minyak dapat mempengaruhi kinerja saham tersebut.

Selain itu, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) menurun juga masih memberikan angin segar ke bursa saham.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG berpotensi menguat pada perdagangan saham Selasa pekan ini. IHSG akan bergerak di kisaran 4.560-4.422.

William menuturkan, penguatan IHSG sebelumnya ditopang oleh aliran dana investor asing yang masuk kembali ke bursa saham dan kenaikan harga minyak yang mempengaruhi pasar saham baik global dan regional.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang stabil juga mendorong penguatan IHSG dan sejumlah rilis laporan kinerja keuangan emiten.

Analis PT HD Capital Tbk Yuganur Widjanarko mengatakan, aksi beli pelaku pasar yang mulai menguat membuat IHSG buka gap pada pekan terakhir Januari 2016. Ia merekomendasikan akumulai saham pilihan berkapitalisasi besar dan lapis kedua untuk kenaikan lebih lanjut.

“IHSG akan berada di level support 4.470-4.330-4.250 dan resistance 4.570-4.650-4.750-4.850,” kata Yuganur.

Rekomendasi Saham

Yuganur memilih sejumlah saham yang dapat diperhatikan pelaku pasar yaitu saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Indofoo Sukses Makmur Tbk (INDF), dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT).

Sedangkan Lucky memilih saham PT Aneka Tambang Tbk untuk dicermati pelaku pasar. Ia menuturkan, harga minyak dunia mulai menguat dapat memberikan sentimen positif untuk saham PT Aneka Tambang Tbk.

“Perhatikan saham PT Aneka Tambang Tbk dan hindari saham perbankan seiring suku bunga acuan turun,” kata Lucky.

Rekomendasi Teknikal

Yuganur memilih saham PT Waskita Karya Tbk untuk dicermati pelaku pasar pada Selasa pekan ini. Pola perbaikan momentum untuk jangka pendek dan menengah dapat digunakan untuk kesempatan beli mengikuti kelanjutan kenaikan berikutnya di atas resistance psikologis Rp 1.850.

Ia memilih saham PT Waskita Karya Tbk masuk di level pertama Rp 1.725, level kedua Rp 1.695, dan cut loss point Rp 1.675. (Ahm/Igw)