Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Hemat Beli Gadget Pakai Kartu Kredit, ini Tipsnya

visa_kartukredit

Rifan Financindo Berjangka – Perkembangan teknologi masa kini yang berjalan pesat memang tidak bisa dipungkiri. Alat elekronik seperti smartphone, laptop, dan tablet menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat dunia, termasuk di Indonesia.

Orang berlomba-lomba untuk memiliki alat elektronik terbaru sesuai dengan perkembangan jaman. ?Masyarakat di Indonesia juga tidak ketinggalan. Mereka bahkan tidak ragu mengeluarkan uang puluhan juta rupiah untuk mendapatkan gadget yang diinginkan.
Tetapi, tahukah Kamu kalau terkadang orang di Indonesia sering menghabiskan uang mereka untuk membayar hal-hal yang tidak perlu saat membeli gadget terbaru, terutama saat menggunakan fasilitas cicilan?
Berdasarkan penelitian dari portal pembanding terbesar di Indonesia Halomoney.co.id rata-rata orang Indonesia menghabiskan uang Rp10 juta per tahunnya hanya untuk membeli gadget terbaru. Dana itu sebenarnya bisa dihemat jika cermat memilih gadget dan mendapatkan fasilitas bunga nol persen saat membeli dengan cara cicil.
Mencicil memang salah satu fasilitas pembayaran yang ditawarkan saat membeli gadget. Selain lewat lembaga keuangan, pembayaran secara cicilan juga bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Bunga cicilan kartu kredit biasanya mencapai dua persen setahun atau 1.8 persen untuk enam bulan cicilan.
Co-Founder dan Managing Director Halomoney.co.id, Simon Costello mengatakan, kalau ada beberapa kartu kredit di Indonesia yang menawarkan bunga hingga nol persen untuk pembelian gadget yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.
“Bunga nol persen ini sangat membantu pemilik kartu kredit untuk membeli gadget dan juga berhemat. Yang harus dilakukan hanyalah mencari dan membandingkan kartu kredit mana yang terbaik untuk kebutuhan yang satu itu,” kata Simon.
Beberapa bank penyedia kartu kredit biasanya memberikan penawaran cicilan nol persen untuk pembelanjaan di gadget store tertentu. Kalau kamu misalnya berminat untuk membeli laptop seharga Rp14.359.992, maka dengan cicilan
menggunakan kartu kredit tanpa fasilitas cicilan nol persen, kamu harus membayar ekstra Rp940 ribu untuk bunga selama enam bulan (bunga dua persen), dan ekstra Rp1,4 juta untuk bunga cicilan selama setahun (bunga 1.8 persen).
Sementara, dengan menggunakan kartu kredit yang sudah bekerja sama dengan store tersebut dan memberikan cicilan nol persen, kamu tidak perlu dibebani untuk membayar ekstra, sehingga bisa hemat selisih bunga tersebut.
Simon menyarankan pemilik kartu kredit haruslah cermat dalam menggunakan kartu kreditnya saat membeli gadget. “Menghabiskan uang Rp10 juta untuk gadget per tahunnya memang cukup besar, jadi bisa menghemat Rp1,4 juta itu merupakan hal yang luar biasa,” kata Simon.
Dia mengimbau, pemilik kartu kredit untuk mengecek ragam kemudahan yang diberikan kartu kredit untuk pembelian gadget, termasuk diskon dan promo.
“Dengan mengetahui fasilitas yang diberikan, maka pemilik kartu kredit akan untung dan menghemat lebih banyak,” kata dia. (ren)