Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Hastag #prayforjakarta Tak Akan Hantam Rupiah ke Rp17 Ribu

rupiah-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Setelah tragedi ledakan bom dan baku tembak yang terjadi di Sarinah, para netizen ramai-ramai menyertakan hashtag #prayforjakarta di akhir statusnya di Twitter. Namun banyak yang memandang fenomena hasgtag tersebut justru akan berdampak negatif terhadap nilai tukar yang dikatakan akan melambung hingga Rp17 ribu per USD.

Namun, menurut Analis Investa Saran Mandiri Hans Kwee, fenomena hashtag tersebut tidak akan mempengaruhi psikologis investor asing. Dia pun yakin tidak akan terjadi capital outflow yang berarti pasca-tragedi tersebut.

“Karena tidak ada dana outflow cukup besar juga yang terjadi. Investor asing tahu persis aksi terorisme ini tidak besar pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia,” katanya saat dihubungi Okezone, Kamis (14/1/2016).

Hans mengatakan, Indonesia telah beberapa kali mengalami kejadian serangan terorisme. Namun terbukti pengaruh negatifnya hanya ke sektor pariwisata, sedangkan perekonomian tidak berguncang terlalu besar.

Sehingga kepercayaan investor asing terhadap perekonomian Indonesia tidak terpengaruh atas kejadian terorisme. Memang Rupiah terdepresiasi setelah tragedi tersebut, namun pelemahannya tidak besar hanya turun 0,72 persen.

Dirinya juga mempercayai sentimen negatif dari kejadian bom Sarinah tidak berlangsung lama. “Kalau aksi teroris besok juga hilang pengaruhnya. Kami berkali-kali lihat ini. Ya kita investor prihatin. Tapi semua investor realistis, ini tidak ada dampaknya ke perekonmian,” pungkasnya.

(mrt)