Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Minyak Mentah Menguat Mantap Iringi Kinerja Bursa Saham

oill-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada akhir perdagangannya Jumat dini hari tadi harga minyak mentah mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah sempat melejit lebih dari 4 persen pada sesi perdagangan malam tadi (4/9). Harga minyak mentah WTI memperoleh arahan menguat yang mantap seiring dengan menguatnya bursa saham global.

Para pelaku pasar merespon positif peningkatan bursa saham global tetapi mulai kehilangan semangat jelang penutupan perdagangan. Faktor fundamental di pasar minyak yang masih didominasi oleh sentiment negative membuat aksi beli yang terjadi di awal perdagangan tertahan. Data yang dirilis hari sebelumnya menunjukkan bahwa pasokan minyak mentah di AS mengalami kenaikan tajam.

Bursa saham Wall Street mengalami rally di awal perdagangan di tengah ekspektasi bahwa data NFP yang dijadwalkan rilis Jumat malam akan menunjukkan kondisi yang positif. Dukungan lain untuk pasar minyak mentah adalah komitmen bank sentral Eropa untuk mempertahankan kebijakan moneter longgar.

Pada akhir perdagangan Jumat dini hari harga minyak mentah WTI berjangka untuk kontrak Oktober ditutup dengan membukukan kenaikan yang signifikan sebesar 1 persen ke posisi 46,75 dollar per barel. Harga komoditas pekan ini mengalami fluktuasi yang sangat tinggi.

Harga minyak mentah WTI terpantau mengalami pergerakan yang nyaris stagnan pada sesi perdagangan di Asia hari ini. Harga komoditas ini diperdagangkan pada posisi 46,71 dollar per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI kontrak paling aktif pada perdagangan hari ini di sesi Asia berpotensi untuk mengalami penurunan lanjutan. Sentimen negatif masih cukup kuat terjadi di pasar minyak mentah berjangka ini.

Untuk perdagangan hari ini harga minyak mentah WTI diperkirakan akan mengalami resistance di level 48,00 dollar. Resistance selanjutnya ada di 50,00 dollar. Jika terjadi pergerakan yang justru berbalik melemah harga akan menemui support pada posisi 45,00 dollar dan 43,00 dollar.