Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Sideways dan Terbatas

oill-700x357

Rifan Financindo Berjangkam – Pada penutupan perdagangan Sabtu dini hari lalu harga minyak mentah ditutup dengan pelemahan tipis (13/7). Harga komoditas ini turun setelah data menunjukkan bahwa operasi pengeboran minyak di Amerika Serikat mengalami kenaikan sedikit pekan lalu. Setelah selama 29 minggu turun, kenaikan jumlah operasi pengeboran ini menjadi sinyal kenaikan pasokan minyak mentah.

Pekan lalu jumlah operasi pengeboran di Amerika Serikat mengalami penambahan sebanyak 5 unit. Meskipun harga minyak mentah mengalami penurunan sebesar 19 persen, kenaikan jumlah operasi pengeboran ini merupakan sinyal bahwa perusahaan pengeboran siap untuk meningkatkan pasokan yang saat ini masih lerlebih.

Di akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu harga minyak mentah jenis WTI berjangka untuk kontrak bulan Juli terpantau ditutup dengan membukukan penurunan tipis. Harga komoditas ini ditutup dengan bukukan pelemahan sebesar 4 sen di posisi 52,74 dollar per barel.

Harga minyak mentah Brent justru berada di teritori positif. Harga minyak mentah tutup naik sebesar? 2 sen di level 58,62 dollar per barel.

Pada perdagangan pagi ini pergerakan harga minyak mentah terpantau masih terbatas, belum jauh-jauh dari posisi penutupan perdagangan dini hari tadi. Saat ini terpantau harga minyak mentah diperdagangkan pada posisi 52,14 dollar per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI kontrak paling aktif pada perdagangan hari ini di sesi Asia masih berpotensi untuk bertahan di dalam pola sideways. Saat ini harga minyak mentah masih berupaya untuk mencari arahan yang lebih jelas untuk menentukan pergerakan.

Untuk perdagangan hari ini harga minyak mentah WTI diperkirakan akan mengalami resistance di level 55,00 dollar. Resistance selanjutnya ada di 57,00 dollar. Jika terjadi pergerakan yang makin melemah harga akan menemui support pada posisi 50,00 dollar dan 48,00 dollar.