Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Kopi Arabika Kembali Bergerak Menguat Pecahkan Rekor Baru

Harga kopi arabika di bursa ICE Futures US pada penutupan perdagangan Selasa 14 Oktober 2014 terpantau ditutup menguat signifikan ke level tertinggi baru tahun ini. Penguatan harga kopi arabika di bursa ICE Futures US dipicu oleh sentimen cuaca Brasil yang masih kuat.

Kuatnya ekspektasi akan penurunan output kopi Brasil seiring kondisi cuaca yang buruk terpantau kembali memicu harga kopi arabika untuk menguat di bursa ICE Futures US. Kondisi cuaca yang cenderung panas dan kering di Brasil pada periode penanaman tahun ini, semakin menguatkan kemungkinan akan terganggunya proses pertumbuhan yang mempengaruhi tingkat output ke level lebih rendah. Dampak dari hal tersebut, harga kopi pun terangkat dari sentimen sisi supply.

Walaupun terdorong menguat secara fundamental seiring ekspektasi akan turunnya output kopi Brasil, namun pergerakan harga kopi arabika relatif masih berfluktuasi di level yang relatif telah sangat tinggi. Hal tersebut disebabkan belum adanya kepastian tingkatan output kopi Brasil pada periode penanaman tahun ini meskipun ekspektasi penurunan output cukup kuat.

Pada penutupan perdagangan Selasa 14 Oktober 2014 di bursa ICE Futures US, harga kopi arabika terpantau ditutup menguat signifikan. Harga kopi arabika berjangka ICE Futures US untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 1,74% ke tingkat harga $221,9/ton atau menguat $3,80/ton.

Sementara pada penutupan perdagangan kopi robusta di bursa LIFFE, harga kopi robusta justru ditutup melemah. Harga kopi robusta berjangka LIFFE untuk kontrak Januari 2015 ditutup turun 0,69% ke tingkat harga $2.174/ton atau melemah $15/ton.

Harga kopi arabika masih akan cenderung berada dalam trend menguat pada perdagangan hari ini di ICE Futures US. Hal tersebut dilandasi oleh kondisi fundamental yang maish positif cukup kuat akibat sentimen cuaca Brasil. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $210-$230 pada arabika dan $2.145-$2.220 pada robusta.