Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Kedelai Terangkat Menguat, Hujan AS Masih Berikan Sentimen

Harga kedelai di bursa CBOT pada penutupan perdagangan Kamis 9 Oktober 2014 terpantau ditutup menguat. Penguatan harga kedelai di bursa CBOT dipicu oleh masih adanya sentimen positif dari ekspektasi terganggunya proses panen di Amerika Serikat.

Ekspektasi terhambatnya proses panen kedelai di Amerika Serikat seiring turunnya hujan di wilayah penanaman kedelai terpantau kembali memicu harga kedelai untuk menguat di CBOT. Potensi jangka pendek dari terlambatnya supply seiring terhambatnya masa panen tersebut, hingga saat ini masih cenderung menguatkan kedelai dan menutup sentimen negatif kuat dari estimasi lonjakan output AS.

Adapun selain dorongan ekspektasi terhambatnya masa panen di Amerika Serikat akibat hujan, harga kedelai juga terangkat aksi beli pasca pelemahan di dua hari perdagangan terakhir. Pelemahan harga kedelai di dua hari perdagangan tersebut, membuat aksi beli relatif terangkat sehingga harga kedelai pun terdorong naik.

Pada penutupan perdagangan Kamis 9 Oktober 2014 di bursa CBOT, harga kedelai terpantau ditutup menguat. Harga kedelai berjangka CBOT untuk kontrak November 2014 ditutup naik 0,74% ke tingkat harga $9,42/bushel atau menguat $007/bushel.

Harga kedelai akan cenderung bergerak kembali melemah pada perdagangan hari ini di CBOT. Hal tersebut dilandasi oleh masih kuatnya sentimen negatif dari ekspektasi tingginya output Amerika Serikat. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $9,25-$9,55 per bushel.