Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Karet Tocom Tertekan Akibat Memburuknya Data Manufaktur Tiongkok

karet1-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo hari ini harga karet alami melemah tajam (2/9). Harga komoditas di Tocom dibuka turun dan saat ini makin terpuruk di zona merah. Pelemahan harga minyak mentah akibat memburuknya data ekonomi Tiongkok membuat perdagangan karet alami juga mengalami kelesuan.

Harga minyak mentah yang melemah tajam mengakibatkan minat terhadap karet alami berjangka di Tocom makin suram. Dengan penurunan harga minyak mentah tersebut biaya produksi karet sintetis mengalami penurunan sehingga minat terhadap karet alami kembali berkurang.

Memburuknya ekonomi Tiongkok juga menjadi penyebab anjloknya harga karet. Kemarin data PMI Tiongkok mengalami penurunan menjadi 49,7 poin pada bulan Agustus dibandingkan 50,0 poin pada bulan Juli. Memburuknya sektor manufaktur menunjukkan bahwa kondisi ekonomi di Negara tersebut makin mengkhawatirkan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Februari 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 173,7 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami pembukaan melemah sebesar 0,7 yen atau setara dengan 0,4 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga sudah makin anjlok di zona merah yaitu pada posisi 170,5 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori negatif. Kekhawatiran mengenai turunnya permintaan dari Tiongkok telah membuat para pelaku pasar ketakutan.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level resistance di posisi 177,00 yen. Level resistance selanjutnya ada di 182,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 172,00 ?yen dan 167,00 yen.