Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Karet Tocom Terpuruk Akibat Rally YenHarga Karet Tocom Terpuruk Akibat Rally Yen

tocom-745x483

Rifan Financindo Berjangka – Harga karet Tocom hari Rabu pagi tampak mengalami penurunan yang tajam ?(14/10). Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Maret 2016 ?terpukul mundur tajam karena rally yen hari ini berlanjut dan sudah memasuki sesi ketiganya.

Saat ini kinerja harga karet memang masih sangat dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar mata uang yen Jepang. Minimnya arahan dari faktor fundamental lain membuat harga karet sulit untuk keluar dari trend bearish-nya. Saat ini yen Jepang sedang mengalami peningkatan untuk tiga sesi berturut-turut dan ada di posisi paling tinggi sejak tanggal 2 Oktober lalu .

Penguatan mata uang yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relative lebih mahal bagi pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan terhadap komoditas tersebut mengalami penurunan jauh.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Maret 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 175,0 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami kenaikan yang lumayan yaitu sebesar 0,8 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga terpantau sudah berada di teritori negative. Harga sudah melemah sebesar 2,6 yen menjadi 171,6 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori negatif. Kenaikan nilai tukar yen dan melemahnya harga minyak mentah menjadi penyebab penurunan harga komoditas karet alami Tocom tersebut.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 165,00 yen. Support selanjutnya ada di 160,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 180,00 ?yen dan 185,00? yen.