Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Karet Tocom Senin Pagi Terpuruk

Rubber-Sheet-2-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga karet Tocom hari Senin pagi tampak masih mengalami penurunan yang tajam ?(19/10). Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Maret 2016 melanjutkan penurunannya pekan lalu. Masih lesunya pergerakan harga minyak mentah telah menjadi sentiment negative yang sangat kuat bagi pergerakan harga karet alami berjangka.

Sepanjang minggu lalu harga karet alami Tocom membukukan penurunan sebesar 1,06 persen. Harga membukukan penurunan mingguan pertama dalam tiga minggu belakangan. Selama dua pekan pertama di bulan Oktober harga mengalami pelemahan.

Di akhir perdagangan pekan lalu harga minyak mentah mengalami kenaikan harian yang cukup signifikan. Akan tetapi harga minyak mentah yang masih di bawah 50 dollar per barel membuat biaya produksi karet sintetis yang berbahan baku minyak mentah masih cukup murah. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alam mengalami penurunan yang signifikan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Maret 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 172,1 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami penurunan tipis saja yaitu sebesar 0,1 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga terpantau sudah makin jauh masuk ke teritori negative. Harga sudah melemah sebesar 3,6 yen menjadi 168,6 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori negatif. Kenaikan nilai tukar yen dan melemahnya harga minyak mentah masih menjadi penyebab penurunan harga komoditas karet alami Tocom tersebut.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 162,00 yen. Support selanjutnya ada di 157,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 175,00 ?yen dan 180,00? yen.