Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Karet Tocom Naik Mantap Manfaatkan Pelemahan Yen Jepang

tocom-745x483

Rifan Financindo Berjangka – Harga karet alami Tocom kembali mengalami lonjakan tajam pada sesi perdagangan Jumat pagi ini (11/9). Harga komoditas ini bergerak menguat didukung oleh bergerak melemahnya yen terhadap dollar AS. Pelemahan yen tersebut menjadi faktor utama yang mendorong kinerja harga karet alami berjangka di bursa Tocom.

Yen kemarin bergerak dengan fluktuatif dan sempat mengalami penurunan tajam hingga mencapai posisi paling rendah sejak akhir bulan Agustus lalu. Pelemahan yen ikut menjadi pendongkrak kenaikan harga karet alami berjangka. Saat ini nilai tukar yen masih menunjukkan kemungkinan melanjutkan penurunan dan berada di posisi 120.86 per dollar AS.

Potensi kenaikan permintaan dari Jepang juga muncul sehingga mendongkrak kinerja harga karet. Spekulasi kenaikan permintaan dari Jepang muncul setelah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan komitmen menurunkan pajak badan usaha untuk mendorong investasi.

Pernyatan Abe disampai setelah data menunjukkan pertumbuhan ekonomi terkait investasi menyusut 0,9% pada semesteri I/2015.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Februari 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 173,9 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka dibuka naik sebesar 1 yen dibandingkan dengan penutupan perdagangan Kamis siang kemarin.

Saat ini harga karet alami berjangka Tocom terpantau makin menguat mantap. Harga komoditas ini telah mencapai posisi 178,4 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori positif. Pelemahan nilai tukar yen telah memberikan dukungan menguat yang solid di pasar karet Jepang.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level resistance di posisi 185,00 yen. Level resistance selanjutnya ada di 190,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 170,00 ?yen dan 160,00 yen.