Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Karet Rabu Pagi Terangkat Lonjakan Harga Minyak

karet1-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga karet alami Tocom kembali mengalami pergerakan yang menguat dengan signifikan Rabu pagi ini (16/9). Setelah selama dua sesi berturut-turut melemah harga komoditas ini mampu memanfaatkan aksi bargain hunting yang dilakukan oleh pelaku pasar. Secara umum kenaikan harga minyak mentah menjadi pendorong terbesar rebound harga komoditas bahan baku ban tersebut.

Harga minyak mentah bergerak naik terbatas pada perdagangan malam tadi. Kenaikan harga minyak mentah tersebut memberikan pijakan rebound yang cukup kuat di pasar karet berjangka. Meskipun demikian untuk jangka panjang harga komoditas ini tampaknya belum akan menunjukkan rally yang solid sebab sentimen negative yang berkembang secara global masih sangat kuat.

Di lain pihak kekhawatiran mengenai memburuknya kondisi ekonomi Tiongkok setelah rilis data kemarin juga turut menjadi penyebab utama penurunan harga karet alami Tocom pagi ini. Data yang dirilis awal pekan ini menunjukkan bahwa pertumbuhan investasi dan output pabrik di Tiongkok berada di bawah prediksi pada bulan Agustus lalu.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Februari 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 169,0 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka dibuka turun cukup signifikan sebesar 0,9 yen dibandingkan dengan penutupan perdagangan Selasa siang kemarin.

Saat ini harga karet alami berjangka Tocom terpantau sudah mampu keluar dari zona merah dan membukukan kenaikan yang mantap. Harga komoditas ini telah mencapai posisi 172,5 yen per kilogram, naik 2,9 yen dari posisi penutupan perdagangan kemarin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori positif. Membaiknya data ekonomi dari AS memberikan dukungan terhadap dollar AS yang membuat yen melemah.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level resistance di posisi 180,00 yen. Level resistance selanjutnya ada di 187,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 165,00 ?yen dan 160,00 yen.