Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Karet Jumat Pagi Naik Di Tengah Pasar yang Relatif Sepi

Rubber-Sheet-2-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo hari Jumat pagi ini harga karet berjangka terpantau mengalami kenaikan yang cukup baik (3/4). Di awal perdagangan pagi ini harga sempat dibuka di teritori negatif tetapi segera bergerak naik. Harga karet melanjutkan peningkatannya yang terjadi sejak penutupan perdagangan kemarin.

Para pelaku pasar memanfaatkan penurunan harga karet yang terjadi selama beberapa hari belakangan untuk melakukan aksi short covering. Akhirnya harga karet Kamis lalu meskipun dibuka melemah berhasil menanjak dan ditutup pada teritori positif. Harga karet rebound setelah sempat terjatuh ke level paling rendah dalam 2 bulan belakangan.

Kenaikan harga karet juga didukung oleh rilis data PMI manufaktur Tiongkok yang membaik Rabu lalu. Dilaporkan bahwa PMI manufaktur Tiongkok untuk bulan Maret berada di level 50,1 poin. Angka PMI tersebut naik dibandingkan dengan PMI di bulan Februari yang ada di level 49,9 poin. Angka di atas 50 poin menunjukkan bahwa sektor manufaktur saat ini sudah berada dalam pola ekspansif.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak September hari ini tampak bergerak menguat dengan cukup baik. ?Harga karet alami untuk kontrak September tersebut dibuka turun tipis sebesar 0,2 yen atau setara dengan 0,08 persen dan berada di posisi 205,4 yen per kilogram. Saat ini harga sudah bergerak naik dan berada pada posisi 206,5 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk memasuki fase konsolidasi. Pergerakan harga akan terbatas karena para investor global sebagian besar liburan Paskah.

Untuk perdagangan hari ini harga karet Tocom diperkirakan akan menemui resistance di posisi 208,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 212,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 202,00 ?yen dan 200,00 yen.