Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Karet Jatuh Terpukul ke Zona Support Kuat

karet1-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo Senin pagi ini harga karet alami berjangka mengalami pergerakan yang cenderung melemah dengan signifikan (17/8). Harga karet alami berjangka melemah sejak awal perdagangan pagi tadi di tengah makin anjloknya harga minyak mentah. Kinerja yen yang terbatas tampak memberikan pengaruh yang tidak terlalu besar terhadap pergerakan harga karet alami di Tocom.

Pasar karet berjangka menghadapi tekanan akibat anjloknya harga minyak mentah. Pada akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu harga komoditas energi ini mengalami penurunan hingga mencapai posisi paling rendah dalam 6,5 tahun belakangan. Hari ini pun pergerakan harga komoditas tersebut masih berada di kisaran terendah itu.

Pelemahan harga minyak mentah berpengaruh secara negatif terhadap pergerakan harga karet. Harga minyak mentah yang turun mengakibatkan biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah sehingga para pelaku pasar memilih untuk membeli karet sintetis dan mengurangi penggunaan karet alami.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Januari 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 193,1 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami pembukaan yang melemah sebesar 0,8 yen atau setara dengan 0,41 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga terpantau semakin tergerus dari posisi pembukaan dan berada di level 190,4 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori negatif. Lesunya pergerakan harga minyak mentah membuat tekanan jual makin besar terhadap harga karet alami berjangka Tocom.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 185,00 yen. Support selanjutnya ada di 180,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 197,00 ?yen dan 202,00 yen.