Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Karet Acuan Dunia Jumat Pagi Naik Mantap

Rifan Financindo Berjangka – Harga karet alami di bursa komoditas Tokyo masih melanjutkan pergerakan menguatnya Jumat pagi ini (29/5). Harga komoditas berjangka di bursa komoditas Jepang ini makin menunjukkan keperkasaan setelah pada perdagangan Kamis kemarin mencapai posisi tertinggi dalam 14 bulan belakangan.

Lonjakan harga karet masih didukung oleh lemahnya nilai tukar yen Jepang. Mata uang Jepang hari ini terangkat rebound meskipun masih berada di kisaran terendah sejak tahun 2007 lalu. Selain penurunan yen kenaikan harga karet berjangka juga didukung oleh isyu peningkatan belanja infrastruktur Tiongkok.

Melemahnya yen juga menjadi motor bagi pergerakan harga karet alami Tocom pagi hari ini. Dengan nilai tukar yen yang lebih rendah harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi lebih murah bagi pemebli luar negeri. Dengan kenaikan daya tarik tersebut permintaan terhadap komoditas mengalami peningkatan.

Permintaan dari China, konsumen karet terbesar dunia, berpotensi melonjak setelah Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China mengumumkan rencana belanja infrastruktur hampir 2 triliun yuan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak November hari ini tampak dibuka pada posisi 237,2 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami pembukaan turun tipis sebesar 0,3 yen atau setara dengan 0,32 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga karet alami sudah bergerak naik mantap sebesar 1,1 yen ke posisi 238,6 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk melanjutkan kenaikan. Harga komoditas ini diperkirakan akan menutup perdagangan di teritori positif akibat dorongan aksi beli terkait pelemahan nilai tukar yen.

Untuk perdagangan hari ini harga karet Tocom diperkirakan akan menemui resistance di posisi 242,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 245,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 235,00 ?yen dan 232,00 yen.