Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Kakao Turun Tipis, Pelemahan Dollar Sediakan Support

Rifan Financindo Berjangka – Harga kakao ICE terpantau membukukan pelemahan di sesi perdagangan terakhir bulan Agustus lalu (1/9). Harga komoditas ini berusaha untuk bergerak rebound setelah menghabiskan seluruh sesi perdagangannya malam tadi di teritori negative. Akan tetapi tetap saja harga kakao berjangka harus ditutup di teritori merah dini hari tadi.

Harga kakao berjangka masih mengalami kondisi yang sideways dan terbatas. Selama 5 sesi belakangan harga kakao mengalami pergerakan naik-turun yang tidak terlalu besar karena para pelaku pasar tidak menemukan arahan jelas bagi harga komoditas bahan baku cokelat ini. Pada sesi perdagangan malam tadi harga kakao memiliki kecenderungan melemah tajam tetapi berhasil ditahan.

Dollar yang melemah pada sesi perdagangan malam tadi memberikan support bagi pergerakan harga kakao. Melemahnya dollar menjadikan harga komoditas dalam mata uang tersebut relatif lebih murah bagi pembeli luar negeri.

Di akhir perdagangan Selasa dini hari harga kakao berjangka kontrak Desember yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan pelemahan tipis saja. Harga komoditas tersebut ditutup turun sebesar 13 dollar atau 0,42 persen pada posisi 3.099 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak dalam pola yang sideways. Saat ini harga kakao masih berada dalam fase konsolidasi. Indikator jangka pendek mengisyaratkan penurunan.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level resistance pada posisi 3.140 dollar. Jika level resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.180 dollar. Sedangkan level support yang akan dites jika terjadi koreksi ada pada 3.044 dollar dan 3.020 dollar.