Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Kakao Tetap Raih Weekly Gain Meski Profit Taking Anjlokan Perdagangan Akhir Pekan

kakao-700x357

Harga kakao di Bursa ICE US pada perdagangan pekan lalu, 28 Juli-1 Agustus 2014 terpantau ditutup menguat secara agregat sepekan. Penguatan harga kakao pada perdagangan pekan lalu dipicu oleh kuatnya demand kakao di pasar global meski kondisi supply diprediksi berlebih pada periode 2014/2015.

Ekspektasi akan kuatnya demand global terhadap kakao, terpantau berhasil terus membuat pergerakan harga kakao kokoh menguat di ICE US jelang akhir perdagangan pekan lalu. Harga kakao yang sebelumnya tertekan pada perdagangan awal pekan akibat potensi penumpukan supply khususnya dari Pantai Gading, cukup tertutup pada perdagangan pekan lalu sehingga menguat hampir sepanjang pekan. Walaupun demikian, penguatan harga kakao pada pekan lalu, relatif terbatasi akibat aksi profit taking pasca harga menyentuh level tertinggi 3 tahun.

Landasan terhadap ekspektasi tingginya demand terhadap kakao global pada pekan lalu dilandasi oleh isu ketiadaan penjual kakao di pasar fisik. Hal tersebut, berdampak pada potensi kuat aksi pembelian oleh industri pada perdagangan di Bursa. Terkait posisi demand terhadap kakao, sebelumnya demand kakao juga berada dalam kondisi baik setelah data pengolahan kakao menunjukan adanya peningkatan di kawasan Asia dan Amerika Utara.

Pada perdagangan pekan lalu di Bursa ICE US, harga kakao terpantau ditutup menguat secara agregat sepekan. Harga kakao berjangka ICE US untuk kontrak September 2014 naik 0,41% ke tingkat harga $3.207/ton atau menguat $13/ton.

Harga kakao akan cenderung bergerak kembali menguat pada perdagangan hari ini di Bursa ICE US. Hal tersebut dilandasi oleh masih cukup kuatnya sentimen positif pada pergerakan harga kakao khususnya dari sisi demand. Terkait pergerakan harga kakao, range normal diprediksi akan berada di kisaran $3.150-$3.265 per ton.