Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Kakao Terpukul Mundur Akibat Koreksi Teknikal Setelah Capai 9 Bulan Tertinggi

cocoa-flickr2-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga kakao berjangka di penutupan perdagangan Sabtu dini hari pekan lalu terpantau mengalami penurunan yang signifikan (22/6). Sempat melejit hingga capai posisi tertinggi dalam 9 bulan, harga komoditas ini harus menyerah akibat aksi ambil untung oleh para spekulan.

Harga kakao melonjak tajam sejak awal bulan April lalu. Kondisi ini disebabkan oleh kekhawatiran mengenai pengetatan pasokan akibat kekeringan di negara penghasil kakao utama di Afrika. Dikabarkan bahwa produksi kakao di Ghana tahun ini akan mengalami penurunan menjadi hanya 700 ribu ton saja.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak Juli yang merupakan kontrak paling aktif berakhir dengan mengalammi penurunan signifikan akibat aksi ambil untung. Harga komoditas tersebut anjlok sebesar 30 dollar atau 0,91 persen pada posisi 3.270 dollar per ton. ?Harga pada perdagangan sebelumnya sempat berada di level tertinggi sejak 25 September 2014.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya masih berpotensi untuk melanjutkan peningkatan. Saat ini indikator teknikal jangka pendek yang sempat berada dalam pola bearish terpantau sudah kembali terangkat ke dalam trend bullish. Untuk jangka menengah dan panjang teknikal juga masih bullish. Pelemahan yang terjadi akhir minggu kemarin hanya bersifat sementara.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level resistance pada posisi 3.323 dollar. Jika level resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.400 dollar. Sedangkan level support yang akan dites jika terjadi koreksi ada pada 3.230 dollar dan 3.170 dollar.