Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Kakao Stagnan, Masuk ke Fase Konsolidasi

cocoa-a1c857d5b097049f8906d0e7db39f873ef1904f6-s6-c30-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka di bursa komoditas ICE Futures New York terpantau ditutup tanpa adanya perubahan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya (22/9). Harga komoditas ini masuk ke dalam fase konsolidasi setelah sempat menguat untuk tiga sesi berturut-turut. Pada perdagangan sebelumnya harga telah sampai ke posisi paling tinggi dalam nyaris 1 bulan belakangan.

Pada perdagangan Jumat malam dollar AS sempat mengalami penurunan tajam meskipun berhasil rebound dan ditutup lebih tinggi dari posisi penutupan perdagangannya. Indeks dollar sempat terpuruk hingga mencapai posisi terendah dalam 3 minggu.

Harga kakao terangkat naik pada sesi perdagangan sebelumnya akibat anjloknya nilai tukar dollar AS. Malam tadi nilai tukar dollar mengalami peningkatan mantap sehingga menimbulkan tekanan pada pergerakan harga kakao berjangka.

Sejak awal bulan Juni hingga pertengahan bulan Juli 2015 harga kakao berjangka sempat mengalami peningkatan yang sangat solid. Rally tersebut sempat mengantarkan harga kakao hingga mencapai posisi paling tinggi dalam lebih dari 9 bulan belakangan. Trend bullish masih bertahan pada harga komoditas ini. Akan tetapi aksi ambil untung yang muncul malam tadi memberikan tahanan bagi pergerakan harga kakao.

Di penutupan perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak paling aktif yaitu bulan Desember mengalami penutupan yang stagnan. Harga berakhir pada posisi 3.311 dollar per ton, tidak berubah dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan melanjutkan pergerakan menguat. Saat ini harga kakao untuk jangka pendek, menengah dan panjang masih berada dalam trend yang bullish.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level resistance pada posisi 3.364 dollar. Jika level resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.390 dollar. Sedangkan level support yang akan dites jika terjadi koreksi ada pada 3.266 dollar dan 3.230 dollar.