Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Kakao ICE Turun Tipis, Trend Bearish Mulai Menguat

Cocoa-Pods-and-Cocoa-Beans-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga kakao berjangka di penutupan perdagangan akhir pekan lalu mengalami penurunan terbatas (17/8). Harga komoditas bahan baku cokelat tersebut masih mengalami pergerakan yang terbatas setelah pada perdagangan sebelumnya sempat mencapai posisi paling rendah dalam lebih dari 3 bulan belakangan.

Harga kakao berjangka sedang bergerak dalam pola bearish yang kuat. Harga komoditas ini melemah dengan signifikan disebabkan oleh kekhawatiran mengenai turunnya permintaan. Kondisi ekonomi global yang masih dipenuhi ketidakpastian terutama setelah Tiongkok melancarkan serang pertama dalam perang mata uang mengakibatkan harga komoditas global cenderung turun.

Secara umum harga komoditas ini masih bergerak dalam pola yang bearish. Harga kakao terpukul akibat kekhawatiran mengenai turunnya permintaan global. Secara umum produksi coklat di Asia, Amerika Utara dan Eropa masih kurang baik sehingga diperkirakan permintaan terhadap kakao akan mengalami penurunan.

Di akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu harga kakao berjangka kontrak September yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan penurunan. Harga komoditas tersebut ditutup turun terbatas sebesar 3 dollar atau 0,1 persen pada posisi 3.039 dollar per ton. Pada perdagangan sebelumnya harga kakao berjangka ini sempat menyentuh level 3.000 dollar yang merupakan posisi paling rendah sejak tanggal 12 Mei lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya masih berpotensi untuk melanjutkan penurunan. Indikator teknikal untuk jangka pendek, menengan dan panjang sudah berada dalam pola bearish.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level resistance pada posisi 3.070 dollar. Jika level resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.100 dollar. Sedangkan level support yang akan dites jika terjadi koreksi ada pada 3.013 dollar dan 2.990 dollar.