Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Kakao ICE Retreat Setelah 4 Sesi Rally Tajam

Cocoa-Pods-and-Cocoa-Beans-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu harga kakao berjangka ICE harus menyerah kalah di teritori negatif (14/9). Harga komoditas bahan baku cokelat tersebut retreat setelah mengalami rally tajam selama 4 sesi berturut-turut sebelumnya. Harga pada perdagangan sebelumnya sempat mencapai posisi paling tinggi sejak akhir Juli.

Harga kakao berjangka Jumat malam lalu mengalami penurunan akibat retreat teknikal yang disebabkan oleh aksi ambil untung. Harga kakao telah melejit kencang hingga mencapai posisi paling tinggi sejak tanggal 30 Juli 2015 pada perdagangan sebelumnya. Para investor memutuskan untuk merealisasikan keuntungan yang telah diperoleh selama 4 sesi kenaikan.

Sementara itu kekhawatiran mengenai memburuknya kondisi ekonomi global juga masih sangat kuat di pasar. Para pelaku pasar juga menunda untuk mengambil arahan yang lebih jelas sebelum Fed merilis kebijakan moneter dan suku bunga acuannya.

Di akhir perdagangan akhir pekan lalu harga kakao berjangka kontrak Desember yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan penurunan yang cukup besar. Harga komoditas tersebut ditutup melemah sebesar 22 dollar atau 0,67 persen pada posisi 3.254 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya masih berpotensi untuk melanjutkan kenaikannya. Saat ini harga kakao berjangka ICE untuk kontrak paling aktif masih berada dalam trend bullish untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level resistance pada posisi 3.319 dollar. Jika level resistance tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.350 dollar. Sedangkan level support yang akan dites jika terjadi koreksi ada pada 3.197 dollar dan 3.160 dollar.