Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Kakao Ditutup Menguat Mantap, Coba Capai Level Tertinggi Sejak Maret

Rifan Financindo Berjangka – Pada akhir perdagangan di bursa ICE Futures New York Rabu dini hari tadi harga kakao berjangka terpantau mengalami kenaikan mantap (6/5). Harga kakao untuk kontrak paling aktif melanjutkan kenaikan untuk dua sesi berturut-turut memperbesar kenaikan yang terjadi pada perdagangan sebelumnya. Di akhir pekan lalu harga kakao ditutup di teritori negative.

Pergerakan menguat harga kakao kembali terjadi setelah pada perdagangan akhir pekan lalu mengalami tekanan akibat koreksi teknikal yang tajam. Kondisi fundamental di pasar kakao sendiri belum terlalu jelas sehingga para pelaku pasar memilih untuk melakukan aksi bargain hunting. Harga kakao sempat mencapai level tertinggi sejak tanggal 6 Maret.

Laporan mengenai perkembangan produksi kakao di Afrika masih mixed. Pantai Gading diperkirakan akan mampu berproduksi di atas level produksinya tahun lalu. Produksi Ghana diperkirakan akan mengalami penurunan tajam tahun ini.

Harga kakao berjangka kontrak Juli yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan kenaikan tajam Rabu dini hari tadi. Harga komoditas tersebut mengalami lonjakan sebesar 68 dollar atau 2,37 persen pada posisi 2.943 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan mengalami pelemahan lanjutan. Indikator teknikal di pasar kakao ICE Futures untuk jangka pendek menengah dan panjang sudah mengarah ke dalam pola bullish.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level resistance pada posisi 3.000 dollar. Jika level support tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 3.050 dollar. Sedangkan level support yang akan dites jika terjadi koreksi ada pada 2.841 dollar dan 2.790 dollar.