Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Gula Bearish Kuat, Sentuh Level Terendah 7 Bulan

Redpath_Sugar_Plant_Toronto_2010-700x357

Harga gula di Bursa ICE US dan LIFFE pada perdagangan pekan lalu, 28 Juli-1 Agustus 2014, terpantau mengalami pelemahan signifikan secara agregat sepekan. Pelemahan harga gula di kedua bursa tersebut dipicu oleh sentimen negatif kuat dari posisi supply gula global dalam jangka pendek.

Trend bearish pada harga gula terpantau masih berlanjut pada perdagangan pekan lalu di Bursa ICE US dan LIFFE. Kondisi supply yang terus menekan pergerakan harga gula, disaat belum ada fundamental kuat terkait pergerakan demand membuat harga gula kian tergerus di bursa. Hal tersebut bahkan diperburuk oleh kondisi persediaan gula yang dikabarkan sedang mengalami penumpukan di pasar global untuk perdagangan jangka pendek. Imbas hal tersebut, harga gula semakin tergerus hingga level terendah 7 bulan.

Walaupun demikian, harga gula pada pekan lalu sempat mengalami rebound akibat adanya dorongan dari prediksi output gula jangka panjang. Kondisi cuaca global yang diprediksi akan kurang mendukung sektor agrikultur di akhir tahun khususnya bagi wilayah Brasil dan Asia Tenggara, berpotensi menganggu pertumbuhan tebu di wilayah tersebut. Namun, dorongan sentimen positif tersebut, tertutup kuat oleh tumpukan persediaan untuk jangka pendek.

Pada perdagangan pekan lalu di Bursa ICE US, harga gula terpantau ditutup melemeah signifikan secara agregat sepekan. Harga gula berjangka ICE US untuk kontrak Oktober 2014 turun 4,61% ke tingkat harga $16,35/ton atau melemah $0,79/ton.

Sementara pada perdaganga di Bursa LIFFE, harga gula putih juga ditutup melemah signifikan pekan lalu. Harga gula putih berjangka LIFFE untuk kontrak Oktober turun 2,7% ke tingkat harga $435,70/ton atau melemah $12,20/ton.

Harga gula akan cenderung bergerak kembali melemah pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh masih kuatnya sentimen negatif dari penumpukan supply gula global. Terkait pergerakan harga gula, range normal diprediksi akan berada di kisaran $16,00-$16,60 pada gula ICE US dan $430-$440 pada gula LIFFE