Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Turun Oleh Ramainya Peminat Obligasi

gold-pixa-pixa-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga emas spot LLG dan berjangka ditutup melempem lagi di akhir perdagangan Selasa dini hari tadi (12/5). Harga logam mulia terpukul akibat dampak rebound dollar AS dan juga pilihan pasar terhadap pasar obligasi dengan yield yang meningkat baik obligasi AS maupun Jerman. Kenaikan nilai tukar mata uang Amerika Serikat ini terjadi akibat melemahnya euro setelah diputuskan dalam pertemuan antarmenteri keuangan kawasan euro bahwa Yunani harus mengembalikan utangnya kepada IMF.

Dalam pertemuan yang berlangsung malam tadi diputuskan bahwa Yunani harus membayar kembali utang senilai 750 juta euro atau setara dengan 837 juta dollar kepada lembaga donor IMF. Kondisi ini makin mendekatkan negara tersebut ke jurang kebangkrutan yang akan memaksanya keluar dari kongsi kawasan euro.

Melemahnya harga emas juga disebabkan oleh naiknya bursa saham AS dan Eropa pada perdagangan malam tadi. Pemerintah dan bank sentral Tiongkok memutuskan untuk kembali menurunkan suku bunga acuan untuk kali ketiga dalam enam bulan belakangan demi menggenjot ekonominya.

Harga emas spot terpantau mengalami penutupan di teritori negatif meskipun tidak terlalu besar. Harga komoditas ini melempem sebesar 0,3 persen dan berakhir pada posisi 1.187,50 dollar per troy ons. Sepanjang minggu lalu harga mengalami penurunan tipis.

Sementara itu harga emas berjangka juga tampak mengalami pelemahan di akhir perdagangan dini hari tadi. Harga emas berjangka untuk kontrak Juni mengalami penurunan sebesar 5,90 ?dollar dan ditutup pada posisi 1.183,00 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG? hari ini akan melanjutkan penurunan terbatas di sesi Asia. Secara teknikal harga logam mulia ini sedang berada dalam pola sideways dan terbatas. Tarik-menarik sentimen masih mewarnai perdagangan di pasar emas.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.200 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.210 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.180 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.170 dollar.