Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Melemah 2 Sesi Berturut-turut Hingga Pagi Ini

gold-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada penutupan perdagangan di pasar komoditas dini hari tadi harga emas spot LLG dan berjangka Comex membukukan penurunan yang signifikan (25/8). Harga logam mulia retreat setelah pada sesi perdagangan sebelumnya mencapai posisi paling tinggi dalam 6 minggu. Dollar yang menguat serta kekhawatiran turunnya permintaan akibat anjloknya ekonomi Tiongkok membuat harga komoditas ini kembali terperangkap dalam jerat penurunan.

Bursa saham global mengalami penurunan tajam mengikuti anjloknya bursa Tiongkok. Di akhir perdagangan kemarin bursa saham Negeri Tirai Bambu tersebut mengalami penurunan nyaris sebesar 9 persen. Sementara itu harga minyak mentah melempem ke level terendah dalam 6,5 tahun belakangan, menghapuskan kebutuhan untuk instrumen hedging terhadap inflasi.

Anjloknya harga emas juga dipengaruhi oleh anjloknya harga logam-logam lain. Terpantau harga tembaga mengalami penurunan hingga ke level terendah dalam 6 tahun belakangan. Paladium terpuruk di 3 tahun terendah dan harga perak anjlok ke posisi paling buncit sejak tanggal 6 Agustus lalu.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan Selasa dini hari tadi ditutup pada posisi 1.153,76 dollar per troy on. Harga emas spot LLG mengalami pelemahan yang lumayan yaitu sebesar 0,6 persen dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level 1.159,10 dollar per troy ons. Harga sempat menguat mantap ke level 1.167,50 dollar per troy ons.

Harga emas berjangka Comex juga tampak mengalami pelemahan yang signifikan. Di akhir perdagangannya dini hari tadi harga emas Comex tersebut mengalami penurunan sebesar 0,5 persen menjadi 1.153,60 dollar per troy ons.

Pada sesi perdagangan di Asia pagi ini harga emas terpantau kembali berpotensi untuk mengalami penurunan. Harga emas pagi ini ditransaksikan pada posisi 1.153,25 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan cenderung melemah di sesi Asia. Harga emas mulai menunjukkan potensi retreat teknikal akibat aksi ambil untung yang dilakukan oleh para investor.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.160 ?dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.168 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.150 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 1.142 dollar.