Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Makin Terjerumus; Investor Fokus Ekonomi Tiongkok

gold-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada penutupan perdagangan di pasar komoditas dini hari tadi harga emas spot LLG dan berjangka Comex masih melanjutkan penurunannya (27/8). Harga logam mulia tergerus melemah untuk tiga sesi berturut-turut seiring dengan kenaikan nilai tukar dollar dan bursa saham Amerika Serikat. Para investor juga fokus kepada usaha Beijing untuk mendorong kinerja ekonominya.

Anjloknya harga emas terjadi beriringan dengan lesunya harga logam lain seperti tembaga. Kondisi ini mengakibatkan pasar logam industri makin lesu. Harga perak terpantau melemah sebesar 5,2 persen pada perdagangan malam tadi, mencapai posisi terendah sejak bulan Agustus 2009. Palladium anjlok sebesar 3,4 persen ke 5 tahun terendah.

Anjloknya harga emas terjadi akibat naiknya nilai tukar dollar dan rebound di pasar saham. Bursa saham Wall Street malam tadi mengalami peningkatan sementara bursa Eropa mengalami penurunan.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan Kamis dini hari tadi ditutup pada posisi ?1.123,80 dollar per troy ons. Harga emas spot LLG mengalami pelemahan yang lumayan yaitu sebesar 1,3 persen dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level 1.139,70 dollar per troy ons. Harga emas LLG tersebut sempat anjlok ke level 2 minggu terendah di posisi 1.117,35 dollar per troy ons.

Harga emas berjangka Comex juga tampak mengalami pelemahan yang signifikan. Di akhir perdagangannya dini hari tadi harga emas Comex tersebut mengalami penurunan sebesar 1,2 persen menjadi 1.124,60 dollar per troy ons.

Pada sesi perdagangan di Asia pagi ini harga emas terpantau masih berpotensi untuk melanjutkan penurunannya. Saat ini harga komoditas logam mulia sedang mengalami pergerakan yang stagnan. Harga emas pagi ini ditransaksikan pada posisi 1.123,20 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan cenderung melemah di sesi Asia. Harga emas mulai menunjukkan kondisi bearish yang mulai menguat. Hari ini harga melanjutkan penurunan untuk 4 sesi berturut-turut.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.127 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.132 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.120 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 1.115 dollar.