Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas LLG Melejit, Kenaikan Suku Bunga Fed Berpotensi Tertunda

gold-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada penutupan perdagangan emas dini hari tadi harga emas spot LLG dan berjangka Comex mencapai posisi paling tinggi dalam 5 minggu belakangan (21/8). Harga logam mulia melanjutkan rally setelah nilai tukar dollar melemah menyusul rilis catatan rapat Fed bulan Juli lalu yang menunjukkan bahwa para petinggi bank sentral tidak akan terburu-buru menaikkan suku bunga acuan tahun ini.

Meskipun para petinggi Fed setuju bahwa kondisi ekonomi sudah berada di titik yang mengharuskan suku bunga acuan meningkat, mereka masih khawatir mengenai inflasi yang rendah dan kemungkinan melambatnya ekonomi global. Mereka memandang kenaikan suku bunga acuan di Amerika Serikat saat ini masih berisiko.

Dollar AS sendiri mengalami penurunan sebesar 0,4 persen terhadap rival-rivalnya pada perdagangan malam tadi. Potensi kenaikan suku bunga acuan di bulan September makin mengecil setelah keluarnya rilis catatan rapat tersebut.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan dini hari tadi ditutup pada posisi 1,152,36 dollar per troy ons. Harga emas spot LLG mengalami kenaikan tajam sebesar 21,03 dollar atau setara dengan 1,6 persen dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada pada posisi 1.131,33 dollar per troy ons. Harga sempat menyentuh level 1.154,00 dollar per troy ons, tertinggi sejak tanggal 15 Juli lalu.

Harga emas berjangka Comex juga tampak mengalami kenaikan yang signifikan. Di akhir perdagangannya dini hari tadi harga emas Comex tersebut mengalami peningkatan sebesar 2,2 persen dan ditutup pada posisi 1.153,20 dollar per troy ons.

Pada sesi perdagangan di Asia Kamis pagi harga emas terus melanjutkan kenaikan dan kembali mencapai level tertinggi sejak 13 Juli lalu. Harga emas ditransaksikan pada posisi 1.158,35 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan cenderung melanjutkan kenaikan di sesi Asia. Harga emas sudah mulai menunjukkan potensi menguat dengan indikator yang sudah bullish.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.160 ?dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.165 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.155 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 1.150 dollar.