Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas LLG Masih Stagnan, Pergerakan Sideways

One-kg 24K gold bars are displayed at the Chinese Gold and Silver Exchange Society in Hong Kong

Rifan Financindo Berjangka – Pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu harga emas spot LLG terpantau mengalami pergerakan yang nyaris flat (17/8). Harga logam mulia ditutup terbatas dan pada perdagangan hari ini masih belum dapat bergerak banyak dari level penutupan perdagangan sebelumnya. Harga emas memasuki fase konsolidasi setelah pada perdagangan Kamis lalu sempat mencapai posisi paling tinggi dalam tiga minggu belakangan.

Devaluasi yuan Tiongkok pekan lalu membantu pemulihan harga emas global. Devaluasi mata uang Tiongkok menimbulkan kekhawatiran mengenai terjadinya perang mata uang global. Di tengah ketidakpastian tersebut para pelaku pasar lebih memilih untuk mengoleksi asset safe haven seperti emas.

Aksi Tiongkok tersebut mengakibatkan sebagian para pelaku pasar kembali menurunkan harapan kenaikan suku bunga Fed. Data industrial output di Amerika Serikat bulan Juli lalu berada di level tertinggi dalam delapan bulan belakangan. Ini merupakan sinyal bahwa pertumbuhan ekonomi di AS akan kembali meningkat di kuartal ketiga yang sedang berjalan saat ini.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu ditutup pada posisi 1.115,00 dollar per troy ons. Harga emas spot LLG mengalami kenaikan tipis saja sebesar 0,30 dollar atau setara dengan 0,03 persen dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada pada posisi 1.114,70 dollar per troy ons.

Pada perdagangan pagi ini harga emas spot LLG terpantau menunjukkan pergerakan yang menguat terbatas. Harga komoditas tersebut berada pada posisi 1.116,15 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan cenderung sideways di sesi Asia. Kenaikan masih berpotensi untuk terjadi meskipun secara umum harga masih akan mengalami penurunan dalam jangka panjang.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.120 ?dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.125 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.113 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 1.108 dollar.