Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas LLG Bergerak Terbatas Setelah Ditutup Anjlok Tajam

gold-bar-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga emas spot LLG dan berjangka Comex mengalami penurunan tajam di akhir sesi perdagangan Rabu dini hari tadi (20/5). Harga logam mulia mengakhiri rally panjang yang terjadi selama lima sesi berturut-turut sebelumnya. Kenaikan nilai tukar dollar menjadi sentiment negatif kuat yang mengakibatkan aksi jual di pasar logam mulia.

Dollar mengalami peningkatan setelah data ekonomi Amerika Serikat yang dirilis malam tadi menunjukkan kondisi yang mengesankan. Peningkatan dollar membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri sehingga permintaannya mengalami penurunan.

Di samping akibat kenaikan nilai tukar dollar kenaikan di bursa saham Eropa dan Amerika Serikat juga membuat komoditas safe haven seperti emas kehilangan daya tariknya. Malam tadi ECB memberikan sinyal akan mempercepat proses pembelian obligasi pemerintah kawasan euro.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga emas spot terpantau turun. Harga emas LLG mengalami penutupan di posisi 1207,30 dollar per troy ons. Harga emas spot tersebut mengalami penurunan sebesar 17,90 dollar atau setara dengan 1,4 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan kemarin yang ada di 1225,20 dollar. Di perdagangan sebelumnya harga emas spot mengalami peningkatan hingga mencapai posisi tertinggi dalam tiga bulan belakangan.

Pada perdagangan Rabu pagi harga emas spo terpantau mengalami pergerakan yang cenderung stagnan. Harga logam mulia saat ini berada di level 1209,25 ?dollar, sedikt alami rebound dibandingkan dengan posisi penutupan dini hari tadi.

Sementara itu harga emas berjangka Comex juga terpantau mengalami penurunan. Di akhir perdagangan dini hari tadi harga emas berjangka mengalami penurunan sebesar 20,90 dollar atau 1,7 persen dan ditutup di level 1206,70 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG? hari ini akan bergerak dengan kecenderungan menguat terbatas di sesi Asia. Untuk jangka menengah harga emas masih berada dalam trend bullish dan kemungkinan harga untuk kembali bergerak menguat juga masih terbuka.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.220 ?dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.225 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.200 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.195 dollar.