Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Kembali Tertohok ke 4 Bulan Terendah

emasUS-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga emas spot di akhir perdagangan Selasa dini hari lalu terpantau mengalami penutupan yang kembali melemah (18/3). Harga logam kuning melempem ke level terendah dalam empat bulan belakangan pada perdagangan malam tadi karena para investor bersikap hati-hati jelang pertemuan Fed yang diharapkan akan memberikan sinyal lanjutan untuk kenaikan suku bunga acuan.

Harga emas masih belum bisa keluar dari tekanan trend bearish karena para pelaku pasar masih mempertanyakan kepastian waktu Fed akan menaikkan suku bunga acuan. Pergerakan harga emas berpotensi untuk sideways dan terbatas hingga akhir pertemuan FOMC Fed tanggal 18 Maret mendatang.

Sentimen terhadap harga emas saat ini masih bearish. Para pelaku pasar memperkirakan bahwa bank sentral AS akan mulai menaikkan suku bunga acuan pada bulan Juni mendatang. Harga emas diperkirakan akan makin terpuruk setelah keluarnya sinyal peningkatan suku bunga Fed tersebut. Bahkan pelemahan dollar yang malam tadi terjadi juga gagal untuk mengangkat sentimen di pasar emas.

Harga emas spot pada akhir perdagangan dini hari tadi ditutup pada posisi 1149,30 dollar per troy ons. Harga emas spot tersebut melemah sebesar 5,20 dollar atau 0,45 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level 1154,50 dollar per troy ons. Harga sempat tergelincir ke level 1142,60 dollar per troy ons yang merupakan posisi paling rendah sejak tanggal 7 November 2014 lalu.

Harga emas berjangka Comex pada penutupan perdagangan dini hari tadi juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Harga emas berjangka untuk kontrak April mengalami pelemahan sebesar 5 dollar dan ditutup pada posisi 1148,20 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG? hari ini akan kembali mengalami penurunan. Harga emas masih menantikan arahan dari hasil pertemuan para petinggi Fed tanggal 17 ? 18 Maret. Jika Fed memutuskan waktu kenaikan suku bunga pada bulan Juni harga emas berpotensi untuk makin melempem.

Pada perdagangan hari har ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1150 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1155 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan melemah lanjutan harga akan mengetes level support pada posisi 1140 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1135 dollar.