Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Ditutup Naik Mantap, AS Alami Deflasi Bulanan di Agustus

xau-1-800-540-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada penutupan perdagangan Kamis dini hari tadi harga emas terpantau mengalami kenaikan signifikan lebih dari 1 persen (17/9). Harga logam mulia melejit kencang setelah data menunjukkan bahwa inflasi Amerika Serikat secara mengejutkan mengalami penurunan bulan Agustus lalu. Kondisi ini mengurangi ekspektasi bahwa Fed minggu ini akan memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan untuk pertama kalinya dalam nyaris sepuluh tahun belakangan.

Inflasi konsumen Amerika Serikat secara tidak terduga melemah di bulan Agustus lalu. Terjadi deflasi sebesar 0,1 persen dibandingkan dengan bulan Juli. Sementara itu inflasi inti berada di level 0,1 persen, sesuai dengan perkiraan.

Harga emas telah mengalami kenaikan mantap selama beberapa tahun belakangan karena suku bunga acuan di Amerika Serikat dipertahankan pada rekor terendah. Saat ini Fed telah memberikan sinyal akan mulai menaikkan suku bunga acuan tersebut sehingga harga komoditas ini sempat mengalami tekanan jual.

Harga emas spot LLG mengakhiri perdagangannya dengan membukukan kenaikan tajam sebesar 1,28 persen. Harga ditutup pada posisi 1.119,15 dollar per troy ons. Sementara itu harga emas berjangka Comex juga ditutup naik mantap sebesar 1,5 persen di posisi 1.119,00 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center pada sesi perdagangan hari ini harga emas spot terpantau masih berpotensi untuk melanjutkan pergerakan melemahnya. Secara umum untuk jangka panjang sentiment negative masih sangat kuat terjadi di pasar emas. Pada sesi perdagangan Kamis pagi ini harga berada pada posisi 1.119,45 dollar.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.125 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.130 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.115 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 1.110 dollar.