Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Ditutup Naik; Kemelut Emerging Markets Buat Emas Kembali Jadi Safe Haven

images (48)

Harga emas pada akhir perdagangan dini hari tadi tampak mengalami kenaikan yang cukup signifikan (30/01). Harga komoditas ini membukukan peningkatan terbesar dalam satu minggu di tengah kekhawatiran mengenai anjloknya bursa-bursa saham negera emerging markets akan makin buruk. Kondisi tersebut menimbulkan peningkatan permintaan terhadap emas sebagai instrumen safe haven.

Harga emas terpukul meskipun Fed memutuskan untuk menurunkan program pembelian obligasi bulanannya pada akhir rapat FOMC. Bank sentral AS tersebut menurunkan pembelian obligasi bulanan sebesar 10 miliar dollar menjadi 65 miliar dollar per bulan.

Sementara itu bank sentral Afrika Selatan secara tidak terduga menaikkan suku bunga acuannya mengikuti kebijakan yang dilakukan oleh bank-bank sentral dari Turki hingga Brazil. Negara-negara tersebut melakukan pengetatan moneter untuk menaikkan nilai tukar mata uangnya.

Harga emas spot LLG terpantau ditutup pada posisi 1267.55 dollar per troy ons dini hari tadi. Harga emas tersebut mengalami kenaikan sebesar 11.15 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Diperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG pada perdagangan selanjutnya akan cenderung mengalami pergerakan koreksi melemah. Untuk sementara harga komoditas tersebut diperkirakan akan bergerak pada kisaran 1260 ? 1275 dollar.