Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Ditutup Melempem Imbas Kenaikan Nilai Tukar Dollar

1523065shutterstock-114844690780x390

Rifan Financindo Berjangka – Harga emas spot LLG dan berjangka Comex terpantau mengalami penutupan yang makin melempem Kamis dini hari tadi (2/7). Harga logam mulia ditutup anjlok dalam seiring dengan menguatnya nilai tukar dollar AS akibat krisis Yunani yang menggerus nilai tukar euro. Para pelaku pasar juga sedang menantikan data ekonomi kunci dari Amerika Serikat yang akan dirilis malam nanti untuk mengambil arah pergerakan.

Indeks dollar bergerak menguat dan mendekati level tertinggi dalam tiga minggu yang dicapai pada hari Senin lalu. Euro mengalami tekanan setelah Yunani mengalami gagal bayar cicilan utang sebesar 1,6 miliar euro ke IMF hari Selasa ini.

Harga emas yang biasanya memperoleh dukungan di saat ekonomi global dipenuhi ketidakpastian tampak tidak terpengaruh. Analis menyatakan bahwa ini merupakan sinyal bahwa ekonomi dan kondisi Yunani sudah tidak lagi menjadi kekhawatiran yang membuat para investor merasa harus mengoleksi safe haven. Emas lebih terpengaruh oleh kinerja dollar yang menguat.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan malam tadi ditutup di posisi 1.167,76 dollar per troy ons. Harga mengalami penurunan tipis sebesar 1,41 dollar saja dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya. ?Hari Selasa lalu harga emas sempat melempem hingga ke level 1.166,35 dollar, terendah dalam nyaris empat minggu belakangan.

Pada perdagangan pagi ini harga emas spot LLG tampak mengalami pergerakan yang masih kuat di teritori negatif. Harga saat ini diperdagangkan pada posisi 1.167,65 dollar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG? hari ini akan cenderung untuk bergerak melemah. Trend bearish masih terjadi di pasar emas. Kemungkinan kenaikan suku bunga acuan di AS masih menjadi fokus para investor.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.175 ?dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan peningkatan lagi ke posisi 1.180 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.160 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.155 dollar.