Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Cenderung Terangkat ke Level Tertinggi Sejak Maret

xau-pixabay.com-2-700x357

Pada perdagangan elektronik hari ini harga emas sempat mengalami lonjakan yang luar biasa tajam (1/7). Harga emas bergerak melemah terbatas setelah sempat melesat hingga mencapai posisi paling tinggi sejak bulan Maret yang lalu. Kenaikan harga emas terjadi setelah asset di SPDR Gold Trust mengalami kenaikan. Para investor juga mulai menimbang outlook pertumbuhan ekonomi dan pergerakan suku bunga acuan di Amerika Serikat jelang rilis data dari sektor manufaktur di negara tersebut.

Harga emas telah membukukan kenaikan sebesar 10 persen tahun ini seiring dengan peningkatan kekerasan di Irak dan berkembangnya ketegangan antara Ukraina dan Russia. Kondisi geopolitik global yang diepnuhi ketidakpastian mengakibatkan permintaan terhadap investasi safe haven meningkat pesat.

Untuk hari ini kenaikan harga emas juga didukung oleh potensi kenaikan permintaan dari Tiongkok didukung membaiknya kondisi ekonomi di negara tersebut. Data PMI manufaktur resmi dari pemerintah di bulan Juni berada di level 51 poin. Angka ini cukup sesuai dengan ekspektasi para analis. Indeks manufaktur mengalami peningkatan dibandingkan dengan level bulan Mei yang ada di 50.8. Para investor masih menantikan data HSBC Final Manufacturing PMI yang akan diumumkan pagi ini juga.

Siang ini harga emas spot LLG terpantau berada pada posisi 1326.00 dollar per troy ons. Harga emas mengalami penurunan sebesar 1.25 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi. Harga emas hari ini sempat melejit ke level 1333.45 dollar yang merupakan posisi paling tinggi sejak tanggal 24 Maret.

Harga emas spot LLG pada perdagangan hari ini akan mengalami pergerakan yang menguat. Diperkirakan harga komoditas ini akan mengalami pergerakan pada kisaran 1320 ? 1340 dollar AS.