Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Catat Kerugian Ketika Menguatnya Ekonomi AS

Gold-Market

Rifan Financindo Berjangka Semarang – Perdagangan bursa komoditas logam mulia di hari Selasa(23/12), harga emas alami penurunan tajam dengan diperdagangkan lebih rendah ketika terjadinya peningkatan?pertumbuhan ekonomi di wilayah AS.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, emas berjangka pengiriman Februari telah diperdagangkan lebih rendah 0.15% di level $1.178.10 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Sejak perdagangan di sesi Asia, harga emas terpantau menyentuh level $1.172.90 untuk sesi terendah harian dan level $1.184.80 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman Maret masih bertahan untuk diperdagangkan lebih tinggi dengan alami kenaikan sebesar 0.45% di level $15.760 per troy ounce, dengan terpantau menyentuh level $15.563 untuk sesi terendah harian dan level $15.875 untuk sesi tertinggi harian.

Harga emas terlihat mendapat tekanan kuat untuk berada di wilayah negatif setelah terjadinya peningkatan pada pemulihan ekonomi di wilayah AS. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Analis Ekonomi telah menyatakan bahwa pertumbuhan domestik bruto telah alami kenaikan sebesar 5.0% di kuartal tiga, dimana lampaui perkiraan ekonom dengan kenaikan sebesar 4.3%.

Laporan terpisah lainnya yang dirilis oleh Biro Sensus juga telah memperlihatkan bahwa pesanan barang tahan lama AS telah alami penurunan sebesar 0.7% di bulan November, dimana survei ekonom telah memperkirakan akan mengalami kenaikan sebesar 3.0%.

Sementara itu, sebuah laporan pasar perumahan AS dijadwalkan akan dirilis pada pukul 22.00 waktu Jakarta.Survei ekonom telah memperkirakan bahwa penjualan rumah baru di wilayah AS akan mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 461.000 unit rumah.

Seiring dengan perkiraan tersebut, membaiknya kondisi pasar perumahan di wilayah AS tentu akan menjadi ancaman lain bagi harga emas untuk lanjutkan pelemahan akibat terjadinya penguatan dolar, mengingat pergerakan harga emas dan perak cenderung berlawanan terhadap greenback.

Akan tetapi, sebaliknya apabila laporan memperlihatkan penurunan pada pasar perumahan AS maka peluang bagi harga emas menghapus kerugiannya saat ini dapat terjadi.