Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Berakhir Lebih Rendah, Ketika Perak Berhasil Catat Kenaikan

xau-wiki-2-700x357

Perdagangan bursa komoditi logam mulia di sesi Rabu kemarin, untuk harga emas dan perak terpantau ditutup beragam pergerakkan dengan emas berjangka ditutup lebih rendah sedangkan untuk perak berjangka terpantau ditutup lebih tinggi.

Emas berjangka pengiriman Agustus telah berakhir lebih rendah sebanyak 20 sen di level $1.244.30 per troy ounce pada divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman Juli telah berakhir lebih tinggi 3 sen, atau 0.2% di level $18.79 per troy ounce.

Perhatian para pelaku pasar tengah terutuju kepada hasil data pasar tenaga kerja AS di minggu ini serta hasil pertemuan kebijakan dari Bank Sentral Eropa. Julian Phillips, penemu dan contributor di GoldForecaster.com, mengatakan bahwa Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi telah diperkirakan akan menurunkan tingkat suku bunga wilayah tersebut menjadi 0% atau menghasilkan semacam pelonggaran kuantitatif stimulatif dengan harapan membawa euro turun.

Banyak yang memperkirakan bahwa harga emas akan mengikuti penurunan melemah euro, Phillips juga menambahkan bahwa ia berasumsi bahwa logam mulia akan terus bergerak berlawanan terhadap dolar AS, namun seharusnya emas dapat meningkat ketika dilemma ekonomi yang terjadi di wilayah Eropa mengangkat ketidakpastian yang pastinya akan menguntungkan bagi harga emas.

Sementara itu, harga emas tadi malam sempat mengalami tekanan ke bawah ketika dirilisnya sebuah laporan resmi Automatic Data Processing Inc melaporkan laju pertumbuhan lapangan pekerjaan di wilayah AS telah tumbuh sebanyak 179.000 pekerjaan pada bulan Mei. Survei ekonom telah memperkirakan kenaikan jumlah lapangan pekerjaan AS di bulan Mei akan meningkat sebanyak 210.000 pekerjaan.