Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Bangkit Menguat dari 4 Minggu Terendah

gold-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada penutupan perdagangan Jumat dini hari tadi harga emas spot LLG terpantau berhasil bangkit setelah pada sesi perdagangan sebelumnya mencapai posisi paling rendah dalam 4 minggu belakangan (11/9). Harga logam mulia rebound seiring dengan kenaikan yang dialami oleh bursa saham Eropa. Akan tetapi para pelaku pasar masih bersikap hati-hati karena sedang menunggu hasil rapat FOMC AS mengenai kebijakan moneter dan suku bunga.

Di akhir perdagangan sebelumnya harga logam mulia mengalami penurunan sebesar 1,4 persen. Penurunan harian yang terjadi pada perdagangan tersebut merupakan yang paling tajam dalam nyaris 2 bulan belakangan. Kenaikan di bursa saham dan dollar AS mendorong harga jatuh ke posisi paling buncit sejak pertengahan bulan Agustus lalu.

Para pelaku pasar menatap hari penetapan kebijakan suku bunga acuan yang akan dilakukan pada tanggal 16-17 September mendatang. Harga komoditas ini diperkirakan akan kembali melanjutkan trend bearish. Harga emas telah mengalami kenaikan mantap selama beberapa tahun belakangan karena suku bunga acuan di Amerika Serikat dipertahankan pada rekor terendah. Saat ini Fed telah memberikan sinyal akan mulai menaikkan suku bunga acuan tersebut sehingga harga komoditas ini mengalami tekanan jual yang cukup dahsyat.

Harga emas spot LLG mengakhiri perdagangannya dengan membukukan kenaikan sebesar 0,5 persen. Harga ditutup pada posisi 1.110,73 dollar per troy ons. Sementara itu harga emas berjangka Comex juga ditutup naik sebesar 0,7 persen atau 7,30 dollar.

Analyst Vibiz Research Center pada sesi perdagangan hari ini harga emas spot terpantau masih berpotensi untuk melanjutkan pergerakan melemahnya. Secara umum untuk jangka panjang sentiment negative masih sangat kuat terjadi di pasar emas. Pada sesi perdagangan Jumat pagi harga berada pada posisi 1.111,75 dollar.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.115 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.122 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.108 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 1.100 dollar.